EmitenNews.com - Soho Global Health (SOHO) mendapat setoran dividen Rp145,89 miliar. Guyuran dividen senilai itu, mengalir deras dua entitas usaha perseroan. Yaitu, Soho Industri Pharmasi (SIP), dan Parit Padang Global (PPG).


Soho Industri Pharmasi mengirim jatah dividen kepada perseroan senilai Rp72,74 miliar. Lalu, Parit Padang Global menyetor dividen tunai sejumlah Rp73,15 miliar. ”Setoran dividen tunai dari dua anak usaha itu, telah kami terima pada 20 Juli 2023,” tulis Yuliana, Corporate Secretary Soho Global Health. 


Penerimaan dividen itu, berdasar keputusan sirkuler sebagai pengganti Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Parit Padang Global, dan Soho Industri Pharmasi pada 20 Juli 2023. Di mana, pemegang saham kedua entitas usaha perseroan itu, telah menyetujui penetapan, dan pembagian dividen tahunan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022. 


Soho Industri Pharmasi adalah anak usaha dari perseroan dengan kepemilikan saham sebesar 99,64 persen. Begitu pun dengan Parit Padang Global juga merupakan anak usaha dari perseroan dengan kepemilikan saham sebesar 99,9999 persen. Nah, transaksi tersebut tidak berdampak negatif terhadap kelangsungan usaha perseroan. 


Tepatnya, pendapatan berupa dividen tahunan dari anak perusahaan perseroan yaitu Soho Industri Pharmasi, dan Parit Padang Global sebagaimana disebutkan di atas, tidak berdampak material, baik terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan. (*)