EmitenNews - Indonesia gagal menggelar ajang balap motor bergengsi, MotoGP pada tahun ini. Valentino Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo cs baru akan menjajal sirkuit Mandalika, Lombok di gelaran Maret tahun depan.


Keputusan itu diambil setelah perwakilan dari Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports bertemu dengan Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation / ITDC, Abdulbar M. Mansoer, dan Chief Executive Officer (CEO) Mandalika Grand Prix Asosiasi (MGPA) Ricky Baheramsjah, Rabu (7/4/2021).


"Target sirkuit baru Mandalika International Street Circuit untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Motul FIM Superbike pada 14 November 2021. Namun, karena pandemi covid-19 yang sedang berlangsung, semua pihak yang terlibat sepakat untuk mengadakan FIM MotoGP World Championship Grand Prix pertama di trek pada paruh pertama musim 2022. Pada prinsipnya bulan Maret," demikian penjelasan resmi pihak Dorna.


Namun, jika menjelang akhir 2021 MotoGP dapat menggelar balapan di salah satu sirkuit di Asia Tenggara, Dorna akan berupaya agar tim kelas MotoGP bisa menggelar tes di Mandalika International Street Circuit selama periode waktu tersebut. "Ini untuk mengantisipasi masuknya trek Mandalika di kalender MotoGP tahun 2022," imbuh Dorna.


Sebelumnya, Sirkuit Mandalika ditargetkan bisa menjadi tuan rumah pergelaran MotoGP pada musim ini. MotoGP bahkan sudah memasukkan Sirkuit Mandalika ke dalam dalam daftar cadangan pada kalender MotoGP 2021.


Setelah Tissot Grand Prix Doha, perwakilan FIM dan Dorna Sports Rabu kemarin melakukan inspeksi Sirkuit Mandalika. Mereka menyaksikan penyelesaian sirkuit yang sedang dibangun, dibuat oleh Petugas Keselamatan Grand Prix FIM Franco Uncini, Perwakilan Pengarah Balap Dorna Loris Capirossi dan Direktur Pelaksana Dorna Sports Carlos Ezpeleta untuk menilai kemajuan yang dibuat di situs yang luar biasa. Selama proses pemeriksaan, perwakilan dari FIM dan Dorna Sports mengaku terkesan dengan perkembangan proyek serta standar keselamatan yang diterapkan.


Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyatakan mendukung penuh ajang MotoGP yang akan digelar pada Maret 2022. "Ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional dari pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keamanan pengunjung domestik dan internasional,” kata Erick menanggapi kabar baru tersebut.


Abdulbar M. Mansoer berterima kasih kepada FIM dan Dorna yang telah datang dan melaksanakan technical visit yang berjalan dengan baik dan memenuhi harapan mereka. "Dengan mengetahui bulan yang pasti untuk acara MotoGP, kami yakin akan fokus menyelesaikan proyek pengembangan Mandalika International Street Circuit sambil juga memaksimalkan nilai yang ditawarkan acara olahraga hebat ini.”


Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, menyatakan puas dengan kunjungannya ke Lombok. "Kami dapat memastikan bahwa Sirkuit Mandalika akan menjadi salah satu venue terpenting di kalender ke depannya," katanya.


Ia yakin jika seri balap digelar di Sirkuit Mandalika, penggemar MotoGP Indonesia akan membanjiri salah satu sirkuit yang menurutnya paling ikonik sepanjang musim. "Indonesia adalah pasar utama, tidak hanya untuk Dorna tetapi juga untuk semua pemangku kepentingan Championship ", ujarnya.(*)