EmitenNews.com - Indonesia akan memiliki kendaraan listrik otonom. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sedang mengembangkan kendaraan otonom yang bisa berjalan sendiri. Mobil itu dirancang memiliki kemampuan memahami lingkungan sekitarnya, dan menavigasi "dirinya sendiri" tanpa campur tangan manusia.

 

Kepada pers, usai menghadiri pameran riset dan inovasi InaRI Expo 2023 di Gedung ICC, Cibinong, Jawa Barat, Rabu (20/9/2023), Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan inovasi teknologi kendaraan listrik otonom bisa memudahkan aktivitas manusia.

 

"Kami fokus pada kendaraan listrik otonom untuk area tertutup, seperti bandara dan kebun raya," ujar Laksana Tri Handoko.

 

Laksana Tri Handoko menjelaskan, kendaraan otonom memiliki lima bagian yang saling bekerja sama, sehingga dapat berjalan secara baik. Di antaranya, locallization untuk menentukan lokasi, planning untuk mengetahui manuver, persepsi untuk mengetahui kondisi sekitar, dan kontrol kendaraan untuk merealisasikan trajectory, dan sistem manajemen untuk memantau.

 

BRIN telah mengembangkan kendaraan otonom level IV yang bisa melakukan semua kegiatan berkendara, sehingga pengemudi dapat mengabaikan perjalanan dan melakukan kegiatan lain. Saat ini, sedang bernegosiasi dengan mitra. Targetnya, akhir tahun ini lisensi. ***