EmitenNews.com -Kementerian Keuangan RI kembali melelang Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Obligasi Negara Ritel (ORI) seri 023 (ORI023). Melalui ORI023, masyarakat dapat berinvestasi sekaligus berkontribusi aktif dalam percepatan pembangunan ekonomi nasional.

 

Hal yang menarik dari ORI023 kali ini adalah produk ditawarkan dalam dua tenor, yaitu: ORI023-T3 dan ORI023-T6 dengan kupon yang cukup tinggi, masing-masing sebesar 5,9 persen dan 6,1 persen per tahun. ORI023-T3 akan jatuh tempo pada 15 Juli 2026, sedangkan ORI023-T6 akan jatuh tempo pada 15 Juli 2029. ORI023 telah ditawarkan sejak tanggal 30 Juni 2023 hingga 20 Juli 2023 pukul 10.00 WIB.

 

Direktur Retail Mandiri Sekuritas, Theodora VN Manik, mengatakan, “Sebagai Perusahaan Anak dari Bank Mandiri yang mempunyai misi untuk berperan aktif dalam kemajuan investasi nasabah, pasar modal Indonesia, serta perekonomian nasional, Mandiri Sekuritas berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam penawaran produk-produk investasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi. ORI023 menjadi salah satu instrumen investasi yang layak dibeli karena selain menguntungkan, instrumen investasi ini memiliki risiko yang menengah-rendah.”

 

“Investor dapat membeli kedua jenis ORI023 dengan mudah dan aman melalui platform MOST SBN, dengan harga mulai dari Rp1 juta dan maksimum pemesanan sebesar Rp5 miliar untuk ORI023-T3 dan Rp10 miliar untuk ORI023-T6. Pembayaran kupon pertama ORI023 akan dibayarkan pada tanggal 15 September 2023 dan akan terus dibayarkan pada tanggal 15 setiap bulan hingga masa jatuh tempo,” jelas Theodora.

 

“ORI023 dapat menjadi salah satu pilihan diversifikasi investasi nasabah yang tepat demi menjaga kinerja investasi dalam berbagai kondisi ekonomi. Hal tersebut karena berinvestasi di ORI023 dijamin aman karena kupon dan pokok dijamin oleh Undang-Undang. Kami percaya produk ini akan diminati oleh para investor untuk mendukung kestabilan portofolio investasi mereka,” pungkas Theodora.

 

PT Mandiri Sekuritas menjadi salah satu pihak yang kembali dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI  sebagai mitra distribusi.

 

Adapun Melalui penerbitan SBN Ritel, Sri Mulyani punya misi agar masyarakat Indonesia tak lagi tertipu dan terjerat investasi ilegal.

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani sering disebut sebagai seorang ibu yang melahirkan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel. Sebab dari tangan dingin salah seorang Menteri Keuangan Terbaik Dunia inilah, lahir SBN Ritel yang kemudian dijual secara online sejak 2018. 

 

Tujuannya, salah satunya untuk memberikan alternatif investasi bagi investor ritel Warga Negara Indonesia (WNI) agar berperan serta dalam membantu pembiayaan pembangunan. Selain itu, agar masyarakat Indonesia tak lagi tertipu dan terjerat investasi ilegal.