EmitenNews.com—Setelah vakum selama beberapa tahun, KNKG bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian BUMN, Direktorat Jendral Pajak – Kementerian Keuangan, Bursa Efek Indonesia, dan Ikatan Akuntan Indonesia kembali menyelenggarakan Annual Report Award (ARA) pada tahun 2023, untuk penilaian laporan tahunan tahun buku 2022. 

 

Diselenggarakannya kembali ARA 2022 bertujuan untuk mendorong transparansi pengungkapan praktik governansi korporat termasuk keberlanjutan dalam laporan tahunan. Pesan utama penyelenggaraan ARA 2022 adalah perlunya pengungkapan dan praktik governansi korporat dan keberlanjutan sebagai bagian terintegrasi dari model bisnis perusahaan serta konsistensi pengungkapan yang disampaikan dibandingkan dengan fakta yang ada. Dengan demikian, tema yang dipilih untuk Annual Report Award (ARA) 2022 adalah “Integrated Mindset toward Sustainability for Long-Term Value Creation”.

 

Beberapa peningkatan terkait proses pelaksanaan dan kriteria penilaian menjadi fokus dalam penyelenggaraan kembali ARA di tahun ini, yang diharapkan menjadi New ARA, dengan semangat dan ruh yang baru. Perubahan utama adalah dengan disertakannya butir-butir pengungkapan di laporan keberlanjutan selain di laporan tahunan dalam kriteria penilaian ARA. Selain itu butir-butir pengungkapan yang mencakup aspek governansi dan keberlanjutan diberikan bobot yang lebih besar dibandingkan dengan butir pengungkapan lainnya. Peningkatan bobot ini sejalan dengan salah satu pilar governansi korporat, yaitu keberlanjutan.

 

Perubahan lainnya dalam ARA 2022 adalah bahwa kriteria penilaian tidak saja didasarkan pada aturan perundangan, khususnya pada peraturan dan surat edaran OJK mengenai laporan tahunan, tetapi juga pada beberapa rekomendasi dari Pedoman Umum Governansi Korporat Indonesia 2021 yang diterbitkan KNKG, serta sejumlah item pengungkapan dari ASEAN Corporate Governance Scorecard. Perubahan ini menunjukkan bahwa penilaian ARA 2022 bersifat goes beyond compliance.

 

Dengan adanya perubahan signifikan dalam kriteria penilaian ARA 2022, pada hari ini KNKG kembali menyelenggarakan sosialisasi penyelenggaraan ARA 2022, setelah sebelumnya diadakan secara hybrid pada tanggal 22 Februari 2023.

 

Tujuan acara Sosialisasi pada hari ini adalah untuk memaparkan secara rinci proses penyelenggaraan dan kriteria yang digunakan dalam proses penilaian Annual Report Award 2022.