EmitenNews.com - PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) melakukan kickoff meeting peningkatan atau ekspansi dari Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC). Ini inisiasi dari Proyek Next Generation Banking System (NGBS) perseroan, yang juga rangkaian Transformasi Sistem Teknologi Informasi secara menyeluruh dalam rangka mewujudkan visi Perseroan menjadi Top 10 Bank di Indonesia.


Dalam keterangannya yang dikutip Selasa (9/8/2022), Wakil Direktur Utama KB Bukopin, Robby Mondong mengatakan, melalui implementasi berbagai teknologi mutakhir dalam proyek NGBS, diharapkan Perseroan dapat meningkatkan pengalaman finansial dari nasabah akan layanan perbankan yang inovatif.


“Pengelolaan DC dan DRC memang menjadi salah satu fokus Perseroan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan layanan digital perbankan,” kata Robby Mondong.


Robby Mondong menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas Data Center dan Disaster Recovery Center merupakan salah satu langkah awal dari pengembangan platform layanan finansial Bank KB Bukopin yang secara aktif memberikan nilai tambah bagi pengalaman finansial nasabah melalui Customized Offer yang didasari oleh Behaviour Analysis dari nasabah Bank KB Bukopin.


Data Center merupakan bangunan khusus yang digunakan untuk menyimpan perangkat jaringan dan server, serta melakukan interkoneksi perangkat dan server tersebut ke jaringan Internet publik maupun private, sedangkan Disaster Recovery Center merupakan bangunan khusus yang digunakan untuk menyimpan perangkat jaringan dan server Backup, serta melakukan interkoneksi perangkat dan server ke jaringan Internet publik maupun private.


Regulasi akan pentingnya memiliki Data Centre dan Disaster Recovery Center juga dituangkan oleh OJK dalam POJK No.38/POJK.03/2016 perihal Penerapan Manajemen Risiko dalam Penggunaan TI oleh Bank Umum tentang Kewajiban Bank menempatkan DC dan DRC di Indonesia.


“Ekspansi DC dan DRC ini langkah awal dalam mendukung rencana besar integrasi dan kolaborasi antara Bank KB Bukopin dengan berbagai perusahaan anak di bawah kendali KB Financial Group. Dengan menjadikan teknologi sebagai kunci dalam pengembangan bisnis dan kegiatan operasional bank, diharapkan dapat memberikan dukungan maksimal dalam setiap layanan yang diberikan Bank KB Bukopin kepada nasabah” tutup Robby Mondong. ***