EmitenNews.com - Nokia, perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Finlandia, mengumumkan keberhasilan proyek lima tahun dengan PT XL Axiata Tbk, operator telekomunikasi di Indonesia, untuk modernisasi sekitar 4.400 site dengan mengganti jaringan dan menambah site baru yang berbasis teknologi seluler generasi kelima (5G) di Provinsi Jawa Tengah.

XL Axiata mengadaptasi solusi Nokia untuk membangun jaringan 5G di empat kota yang terletak di provinsi tersebut, yakni Semarang, Yogyakarta, Surakarta, dan Pekalongan pada 2023. Pengguna XL Axiata di wilayah tersebut pun kini dapat menikmati jangkauan dan kualitas jaringan yang lebih baik.

“Berkat jaringan yang dimodernisasi, kami dapat memenuhi kebutuhan pelanggan XL Axiata dengan jangkauan dan kinerja jaringan terbaik. Ke depan, kami juga menantikan kerja sama dan kolaborasi selanjutnya dengan Nokia,” ungkap Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata Indonesia I Gede Darmayusa di Jakarta, dikutip Jumat (8/3/2024).

Nokia Head of Market Unit Indonesia, Ozgur Erzincan menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi yang melibatkan penyedia layanan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman bagi pengguna.

“Kami senang bahwa solusi kami membantu XL Axiata dalam proses modernisasi sekaligus meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan 5G. Kini, XL Axiata memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya,” tutur Erzincan.

Sebagai gambaran, wilayah Jawa Tengah mencapai pertumbuhan payload tertinggi hingga 27% di antara wilayah lain selama libur Lebaran 2023 serta libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Xl Axiata pun menjadi nomor satu dalam latensi dibandingkan operator lain di wilayah tersebut berdasarkan data Crowdsourced, benchmarking terpercaya.

XL Axiata menerapkan program AirScale, Dynamic Spectrum Sharing (DSS), dan Network Performance Improvement (NPI) dari Nokia, serta melakukan modernisasi jaringan dan meningkatkan kapasitas agar kinerja jaringan lebih unggul secara keseluruhan.

Perseroan juga menggunakan layanan pemeliharaan dan dukungan jaringan Nokia untuk memastikan kualitas layanan terbaik di kelasnya. Modernisasi jaringan di Jawa Tengah berhasil dilakukan Nokia tanpa mengganggu aktivitas pelanggan.

XL Axiata dan Nokia juga telah menandatangani MoU Co-Development Program on 5G Cloud RAN pada Executive Review Meeting di kantor pusat Nokia, di Finlandia, sebagai kolaborasi untuk mempersiapkan XL Axiata dalam berbagai penerapan 5G di masa yang akan datang.

Nokia selalu menciptakan teknologi yang membantu dunia bergerak bersama. Sebagai pemimpin inovasi teknologi B2B, perusahaan mempelopori jaringan yang merasakan, berpikir, dan bergerak dengan memanfaatkan karya di jaringan seluler, jaringan tetap, dan cloud.

Selain itu, Nokia menciptakan nilai melalui kekayaan intelektual dan penelitian jangka panjang yang dipimpin oleh Nokia Bell Labs dan telah memenangi penghargaan. Penyedia layanan, perusahaan, dan mitra di seluruh dunia mempercayai Nokia untuk menghadirkan jaringan yang aman, andal, dan berkelanjutan saat ini, serta bekerja sama untuk menciptakan layanan dan aplikasi digital masa depan.

Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan berbagai layanan bagi pelanggan ritel dan korporasi yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh wilayah Indonesia.

Sejak 2015, perseroan telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE berkualitas dengan skala nasional, kemudian, dilanjutkan dengan pengembangan jaringan 5G pada kuartal III-2021. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom Digi (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Kamboja), Boost, ADA, edotco, dan Link Net (Indonesia).