EmitenNews.com -Fitch Ratings Indonesia telah memberikan peringkat 'AA-(idn)' untuk obligasi tahap keempat PT BFI Finance Indonesia Tbk (AA-(idn)/Stabil) yang diterbitkan di bawah program obligasi kelimanya . Tranche terdiri dari:

 

- Seri A: Rp590 miliar obligasi 6,10% berjangka waktu 370 hari jatuh tempo April 2024;

- Seri B: Rp385 miliar obligasi 7,00% berjangka waktu dua tahun jatuh tempo April 2025; Dan

- Seri C: Rp625 miliar obligasi 7,15% tiga tahun jatuh tempo April 2026.

 

Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AA' menunjukkan ekspektasi akan tingkat risiko gagal bayar yang sangat rendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di negara atau kesatuan moneter yang sama. Risiko default yang melekat hanya sedikit berbeda dari emiten atau obligasi dengan peringkat tertinggi di negara tersebut.

 

Obligasi tersebut diperingkat pada tingkat yang sama dengan Peringkat Nasional Jangka Panjang BFI, sesuai dengan kriteria Fitch, karena mewakili kewajiban langsung BFI dan berperingkat pari passu dengan kewajiban lainnya dalam kelas utang yang sama.

 

Kewajiban dijamin 50% terhadap piutang perusahaan seperti yang biasa terjadi pada obligasi yang diterbitkan oleh BFI, tetapi kami tidak menganggap ini sebagai peningkatan kredit, sesuai kriteria Fitch untuk entitas di Indonesia.



Peringkat Nasional Jangka Panjang BFI didorong oleh profilnya yang berdiri sendiri. Untuk detail lebih lanjut, lihat "Fitch Upgrades Indonesia's BFI Finance to 'AA-(idn)'; Outlook Stable" , diterbitkan 2 Maret 2023.

 

Faktor-faktor yang dapat, secara individu atau kolektif, menyebabkan tindakan/penurunan peringkat negatif: Penurunan Peringkat Nasional Jangka Panjang BFI akan menyebabkan tindakan serupa pada peringkat program dan penerbitan obligasi seniornya.

 

Faktor-faktor yang dapat, secara individu atau kolektif, mengarah pada tindakan/peningkatan peringkat yang positif: Peningkatan Peringkat Nasional Jangka Panjang BFI akan menghasilkan tindakan yang sesuai pada program obligasi senior dan peringkat penerbitannya.