EmitenNews.com—PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) menyampaikan bahwa telah terjadi transaksi afiliasi antara perseroan dengan sesama anak usaha dari PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

 

Merujuk keterangan resmi WTON yang dimuat pada laman BEI, Selasa (26/7/2022) Yuherni Sisdwi Rachmiyati Corporate Secretary WTON menyampaikan, Perseroan telah membeli saham milik PT Wijaya Karya Bangun Gedung Tbk (WEGE) sebesar 2 persen di PT Wijaya Karya Pracetak Gedung (WPG).

 

Nilai pembelian saham ini adalah Rp270 per saham dengan jumlah saham sebanyak 10 juta lembar. Sehingga seluruh jumlah nilai transaksi ini  senilai Rp2,7 miliar.

 

Sesuai dengan aturan yang berlaku, nilai transaksi ini tidak melebihi Rp5 miliar sehingga transaksi tersebut termasuk transaksi afiliasi yang cukup dilakukan pelaporan kepada OJK setelah tanggal transaksi.

 

Adapun pembelian saham milik WEGE di WPG oleh WTON telah dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2022.

 

WTON sendiri merupakan perusahaan yang kepemilikan sahamnya dikendalikan oleh PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) dengan saham mayoritas sebesar 60 persen dan WEGE kepemilikan sahamnya di kendalikan oleh WIKA sebesar 69,30 persen.

 

Pembelian saham milik WEGE pada WPG dilakukan karena WPG saat ini memiliki kegiatan usaha memproduksi, mengembangkan, dan memasarkan beton pracetak gedung dan perumahan, hal ini sejalan dengan kegiatan usaha dan bisnis perseroan saat ini.

 

"Dengan adanya pembelian saham ini, perseroan akan menjadi pemegang saham mayoritas WPG untuk mengoptimalkan kegiatan usaha dan bisnis di WPG," tutup Yuherni.