EmitenNews.com - Indonesia siap bekerja sama dengan sejumlah negara Afrika untuk mengoptimalkan sumber daya alam yang dimiliki agar bisa memajukan dan membangun ekonomi masing-masing. Indonesia membantu negara berkembang lainnya untuk memperkuat swasta dalam mengoptimalkan sumber daya alam.


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan hal tersebut dalam Special Ministerial-CEOs Meeting: Emerging Economies Cooperation di Nusa Dua, Bali, Kamis (17/11/2022). Forum ini dihadiri menteri dan delegasi dari tiga negara Afrika yaitu Republik Demokratik Kongo, Republik Rwanda, dan Republik Senegal, serta delegasi dari Badan Pembangunan Uni Afrika AUDA-NEPAD.


Kepada pers, di Jakarta, Jumat (18/11/2022), Menko Luhut mengatakan, ekonomi Indonesia berkembang sangat pesat. Indonesia dengan cepat beralih dari mengekspor bahan mentah ke mengembangkan industri bernilai tambah. Terinspirasi oleh Semangat Bandung dan Kerja Sama Selatan-Selatan, kami ingin bekerja sama dan membantu negara-negara berkembang lainnya memperkuat sektor swasta mereka untuk melakukan hal yang sama.


Untuk mencapai basis industri dan industri pertambangan yang berkelanjutan, Luhut mengatakan Indonesia juga mendukung pengembangan model bisnis baru, teknologi dan platform baru, serta infrastruktur yang mendukung transformasi peningkatan produktivitas.


"Sinergi dalam pembiayaan inovatif untuk industri strategis dan infrastruktur kritis sangat penting," kata Luhut Binsar Pandjaitan. ***