EmitenNews.com—Fitch Ratings telah mengafirmasi Issuer Default Rating (IDR) Jangka Panjang PT Bank Central Asia Tbk (BCA) di 'BBB-'. Pada saat yang sama, Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang BCA di 'AA+(idn)'. Outlooknya Stabil.


Fitch juga telah meningkatkan Peringkat Dukungan Pemerintah (GSR) BCA menjadi 'bbb-' dari 'bb+' menyusul penilaian ulang atas kemungkinan pemerintah Indonesia memberikan dukungan kepada bank-bank penting sistemik domestik (D-SIBs). Daftar lengkap tindakan pemeringkatan mengikuti di bawah ini.


Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AA' menunjukkan ekspektasi akan tingkat risiko gagal bayar yang sangat rendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di negara atau kesatuan moneter yang sama. Risiko default yang melekat hanya sedikit berbeda dari emiten atau obligasi dengan peringkat tertinggi di negara tersebut.


Peringkat Nasional Jangka Pendek 'F1' menunjukkan kapasitas paling kuat untuk pembayaran tepat waktu atas komitmen keuangan relatif terhadap emiten atau obligasi lain di negara yang sama. Di bawah skala peringkat nasional agensi, peringkat ini diberikan pada risiko gagal bayar terendah relatif terhadap yang lain di negara yang sama. Jika profil likuiditas sangat kuat, tanda "+' ditambahkan ke peringkat yang diberikan.


Peringkat Didukung oleh Dukungan Pemerintah : IDR Jangka Panjang BCA berada pada tingkat yang sama dengan Peringkat Viabilitas (VR) dan GSR, yang mencerminkan pandangan Fitch bahwa profil kredit BCA secara keseluruhan ditopang oleh dukungan negara serta profil kredit mandiri. Oleh karena itu, kami perkirakan Peringkat IDR dan Nasional BCA akan tetap stabil dalam waktu dekat, dengan ruang yang memadai pada tingkat peringkat saat ini.


Outlook Lingkungan Operasi yang Stabil : Fitch memperkirakan bahwa lingkungan operasi (OE) untuk bank-bank Indonesia akan stabil dalam waktu dekat, dengan kemungkinan pertumbuhan PDB yang tangguh pada tahun 2023 dan 2024, yang akan mendukung permintaan pinjaman industri dan kualitas aset. Kami telah mempertahankan skor OE di 'bb+' dengan prospek yang stabil. Skor OE lebih tinggi dari skor tersirat dalam kategori 'b' karena penyesuaian positif untuk peringkat negara Indonesia (BBB/Stabil), yang mencerminkan stabilitas pasar dan ekonomi makro yang lebih besar daripada yang dapat disiratkan oleh metrik inti.


Transaksi Terkemuka - Waralaba Perbankan : BCA adalah bank umum swasta terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga secara keseluruhan, dengan pangsa pasar berbasis aset sekitar 12% per Juni 2022. Profil bisnisnya yang memuaskan didukung oleh waralaba domestiknya yang memimpin pasar di perbankan transaksi, yang membantu BCA membangun franchise pendanaan yang kuat dan menghasilkan proporsi pendapatan fee-related yang tinggi. Skor profil bisnisnya dinilai di 'bbb', sejalan dengan skor tersirat di bawah kriteria Fitch.


Kualitas Aset yang Memadai : BCA melaporkan penurunan rasio pinjaman bermasalah (NPL) bank saja menjadi 2,2% di 9M22 dari 2,4% di 9M21, dengan rasio pinjaman berisiko turun menjadi 11,7% dari 17,1%. Fitch memperkirakan kualitas aset BCA akan tangguh di tengah pertumbuhan PDB yang sehat dan cakupan yang kuat dari pinjaman yang mengalami gangguan dengan penyisihan kerugian, yang mendukung skor kualitas aset kami di 'bb+' dengan prospek yang stabil.


Pemulihan Profitabilitas yang Berkelanjutan : Kami memperkirakan profitabilitas BCA akan memperoleh manfaat dari pertumbuhan kredit yang lebih tinggi dan biaya kredit yang lebih rendah karena peningkatan kualitas aset secara keseluruhan dan penyisihan kerugian yang memadai. Kami juga percaya bahwa BCA akan menjadi salah satu bank yang paling sedikit terpengaruh oleh kenaikan suku bunga karena waralaba pendanaan yang kuat akan meredam tekanan pada marjin bunga bersihnya. Skor rentabilitas dan laba BCA dipertahankan di 'bbb-', sejalan dengan skor tersirat, dengan prospek stabil.


Penyangga Modal yang Memuaskan: Rasio ekuitas umum Tier 1 (CET1) BCA hanya turun sedikit menjadi 25,5% di 9M22 dari 25,9% di Desember 2021 meskipun pertumbuhan pinjaman tinggi sebesar 7,1% di 9M22 dan rasio pembayaran dividen yang tinggi sebesar 57%. Kami yakin rasio CET1 saat ini memberi bank penyangga yang memuaskan terhadap potensi penurunan kualitas aset. Kami mempertahankan skor kapitalisasi dan leverage BCA di 'bbb' dengan prospek stabil.


Profil Pendanaan yang Stabil : Waralaba simpanan domestik terkemuka BCA tercermin dari tingginya 81% pangsa simpanan giro dan tabungan berbiaya rendah dalam total simpanan per September 2022, yang menghasilkan biaya pendanaan yang rendah dan, pada akhirnya, skor pendanaan dan likuiditas sebesar 'bbb-', di atas skor kategori 'bb' yang tersirat. Neraca yang kuat terlihat dari rasio simpanan nasabah (loan-to-customer deposit ratio/LDR) yang rendah sebesar 66,5%, jauh di bawah 81% industri. Prospek kami yang stabil mencerminkan keyakinan kami bahwa profil pendanaan BCA akan tangguh bahkan di tengah pengetatan moneter.


Kepentingan Sistemik Menggerakkan GSR : Peningkatan GSR BCA menjadi 'bbb-' dari 'bb+' mengikuti penilaian ulang kami atas dukungan pemerintah untuk D-SIB tipikal di Indonesia. BCA resmi ditetapkan sebagai D-SIB dengan top bucket capital surcharge sebesar 2,5% bersama dua bank besar milik negara lainnya. Penilaian GSR kami juga mempertimbangkan kemampuan sovereign Indonesia, yang tercermin dalam sovereign rating, dan kecenderungan untuk mendukung D-SIB-nya.


Faktor-faktor yang dapat, secara individu atau kolektif, menyebabkan tindakan/penurunan peringkat negatif: Rupiah BCA dapat diturunkan setelah penurunan peringkat VR-nya jika terjadi bersamaan dengan penurunan peringkat GSR secara bersamaan. Namun, kami yakin ini tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat.


VR BCA dapat diturunkan jika profil keuangannya memburuk secara material, yang dapat diakibatkan oleh penurunan peringkat secara simultan dan/atau multi-notch pada pendorong pemeringkatan utamanya. Hal ini kemungkinan besar akan terjadi jika kami menurunkan skor OE untuk bank-bank di Indonesia mengingat kendala pada skor faktor VR lainnya, tetapi kami tidak yakin hal ini akan terjadi dalam 12-24 bulan ke depan. VR juga dapat diturunkan jika kualitas pinjaman BCA memburuk secara material, sehingga rasio NPL naik hingga, dan dipertahankan di atas, 5%, yang akan mengakibatkan biaya kredit yang lebih tinggi dan menyebabkan skor yang lebih rendah baik pada kualitas aset maupun pendapatan dan profitabilitas. .


GSR BCA dapat diturunkan jika kami percaya kecenderungan pemerintah untuk mendukung bank telah melemah. Hal ini kemungkinan besar akan terjadi jika kepentingan sistemik BCA menurun drastis, yang dapat terjadi jika BCA secara konsisten kehilangan pangsa pasar, sehingga pangsa aset sistemnya turun hingga di bawah 8%, ditambah dengan hilangnya kepemimpinan perbankan transaksinya di Indonesia. GSR BCA juga dapat diturunkan jika kami yakin kemampuan pemerintah untuk mendukung D-SIB-nya melemah secara signifikan, yang dapat terjadi jika fleksibilitas keuangan pemerintah memburuk secara tajam. Fitch menganggap hal ini tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat hingga menengah.


Peringkat Nasional Jangka Panjang BCA dapat diturunkan jika profil kredit BCA relatif terhadap emiten peringkat lainnya di dunia peringkat nasional Indonesia memburuk, yang dapat terjadi jika Peringkat Jangka Panjang IDR-nya diturunkan. Peringkat Nasional Jangka Pendek BCA dapat diturunkan jika Peringkat Jangka Panjang IDR diturunkan tiga tingkat atau lebih.