EmitenNews.com - Dukungan pemerintah diperlukan dalam melahirkan lebih banyak pengusaha. Dukungan pemerintah sampai daerah-daerah, dan stake holder terkait diperlukan, terutama dalam upaya menciptakan iklim usaha dan investasi yang baik. Jika makin banyak pengusaha diharapkan makin banyak kelompok masyarakat yang bisa dibantu, dan terutama untuk membuka lebih banyak lagi lapangan pekerjaan.


Dalam keterangannya kepada pers, yang dikutip Kamis (21/4/2022), pengusaha nasional asal Kalimantan Tengah, Haji Abdul Rasyid AS, mengungkapkan, pemerintah, dan pihak terkait lainnya, harus memberikan kesempatan seluas-luasnya buat pengusaha agar terus bertumbuh, dan besar, menjadi pengusaha sukses.


Jika mendapat kesempatan, dan dukungan yang kuat, Abdul Rasyid, owner PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) –emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak 2013– berkeyakinan bakal banyak pengusaha dari daerah muncul. Kalau itu terjadi diharapkan kepedulian sosial bakal terus tumbuh sampai ke daerah-daerah di seluruh Tanah Air.


"Maka harapan saya, kalau ada 10 Rasyid atau 100 Rasyid di Kalimantan Tengah, misalnya, berapa ribu ton beras yang bisa disalurkan. Artinya berapa banyak warga yang bisa dibantu. Belum lagi menambah lapangan kerja," kata pengusaha perkebunan, dan industri sawit, yang pada 2018 masuk dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes itu.


Sebagai pengusaha yang merintis usaha dari daerah, Abdul Rasyid menyatakan memiliki tanggung jawab moril untuk lebih memperhatikan kondisi di daerah. Pada Senin (18/4/2022), Abdul Rasyid menyalurkan zakat pribadi sebanyak 500 ton beras untuk 14 kabupaten dan kota di Kalteng. Ia juga menggelar pasar murah minyak goreng, sampai 100.000 liter. Ia berharap apa yang dilakukan itu dapat diikuti oleh pengusaha besar lainnya, membantu lebih banyak masyarakat.


"Selain menyalurkan bantuan beras, kita juga melaksanakan pasar minyak goreng murah, karena banyak masyarakat Kalimantan Tengah yang membutuhkan. Perusahaan di Kalimantan Tengah ini bukan cuma milik Haji Abdul Rasyid, ada puluhan perusahaan, mudah-mudahan mereka terketuk hatinya untuk membantu warga Kalimantan Tengah," kata paman Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ini.


Pengusaha nasional yang bertumbuh dari daerah, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Abdul Rasyid mengaku senang, dan bangga bisa menyalurkan zakat di bulan Ramadan 2022, yang setiap tahun dilakukannya. Karena itu, ia berharap lebih banyak wirausahawan yang muncul, agar makin banyak warga terbantu, dan merasakan manfaat adanya dunia usaha.


"Sebagai pengusaha daerah, saya  merasa senang dan bangga melakukan ini. Setiap tahun kita laksanakan ini. Mudah-mudahan rezeki kita terus bertambah supaya bisa setiap tahun terus kita lakukan," katanya.***