Sebelum memulai pembangunan pabrik di KIT Batang, AGII telah mengoperasikan pabrik gas di Bangka Belitung pada Agustus lalu untuk mendukung kebutuhan gas bagi smelter milik PT Timah Tbk (TINS).

 

Ketika proyek pabrik gas di KIT Batang berlangsung, AGII masih membuka peluang untuk mengembangkan filling station di berbagai wilayah Indonesia, terutama di wilayah yang belum terjangkau oleh emiten yang dahulu bernama PT Aneka Gas Industri Tbk tersebut. Kehadiran filling station tentu akan menunjang distribusi gas industri yang diproduksi oleh AGII, sehingga suplai gas di berbagai tempat operasional perusahaan tetap terjaga.

 

Terkait kinerja, laba bersih perseroan merosot sebesar 59,20% menjadi Rp70,38 miliar, dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp172,52 miliar. Sejalan dengan penurunan laba, angka penjualan perseroan pun susut 8,29% menjadi Rp1,90 triliun, dari sebelumnya sebesar Rp2,07 triliun.

 

Melansir laporan keuangan, penjualan produk gas tercatat sebesar Rp1,73 triliun, serta penjualan jasa dan peralatan sebesar Rp164,64 miliar. Berdasarkan pelanggannya, penjualan kepada pihak ketiga tercatat sebesar Rp1,82 triliun, dan kepada pihak berelasi sebesar Rp77,07 miliar.

 

Perseroan menjelaskan bahwa, seluruh penjualan per kuartal III 2022 merupakan penjualan lokal, dengan persentase penjualan produk gas sebesar 91% dari total penjualan perseroan.