EmitenNews.com - Empat provinsi di Pulau Jawa mendapat peringatan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) berkaitan dengan penanganan pandemi Covid-19. Peringatan diberikan akibat signifikannya peningkatan mobilitas warga RI seiring dengan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).


"Ada peningkatan signifikan mobilitas masyarakat di bidang ritel dan rekreasi yang telah mencapai prapandemi Covid-19." Demikian WHO "Covid-19 Situation Report-72", dikutip Jumat (17/9/2021).


WHO meminta rencana antisipasi dan mitigasi. Pasalnya, ada kemungkinan, peningkatan mobilitas akan berdampak pada transmisi Covid-19 yang berujung pada kenaikan kasus kembali. Menurut badan dunia itu, hal itu bisa meningkatkan kapasitas sistem kesehatan nasional dan daerah.


Sebelumnya dalam catatan WHO, RI mengalami penurunan 30 persen kasus infeksi virus Corona (Covid-19) pada rentang tanggal 6 - 12 September 2021, jika dibanding dengan minggu sebelumnya. Saat yang sama, tingkat kematian pasien Covid-19, juga menurun sampai 23 persen.


Pada wilayah Jawa dan Bali terlihat jelas bagaimana kasus harian Covid-19 mulai turun selama seminggu. Namun, WHO masih mencatat penurunan di level moderat di luar Jawa-Bali. Karena itu, WHO meminta Indonesia mengevaluasi tren tersebut. ***