EmitenNews.com - Pascapandemi Covid-19 kondisi pariwisata global mulai pulih. Dengan semangat itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyambut baik penerbangan langsung internasional perdana maskapai IndiGo dengan rute Kota Bengaluru atau Bangalore, India menuju Denpasar, Bali.

Dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat (29/3/2024), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pascapandemi dan berangsur pulihnya kondisi pariwisata global membuat Bali kembali menjadi salah satu destinasi primadona bagi wisatawan mancanegara asal India.

"Penambahan penerbangan langsung ini menjadi stimulus bagi kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2024," kata Sandiaga Uno.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, India menempati peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali terbanyak, setelah Australia. Yaitu,  mencapai 440.415 kunjungan pada tahun 2023.

Dalam seremoni penerbangan IndiGo Airlines rute Bangalore - Denpasar tersebut, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Dessy Ruhati mengatakan, penerbangan ini menjadi kabar baik bagi konektivitas langsung dari India ke Pulau Dewata. 

"Dengan adanya rute penerbangan langsung dari Bangalore ke Denpasar ini diharapkan dapat menyumbangkan lebih banyak kedatangan wisman ke Indonesia, khususnya untuk segmen MICE," kata Dessy.

Selain unggul menempati peringkat kedua kunjungan wisman di Bali, India juga menempati peringkat enam kunjungan wisman ke Indonesia secara keseluruhan, dengan 606.439 kunjungan pada tahun 2023.

"Kemudahan konektivitas ini tentunya senantiasa kami dukung secara berkelanjutan, sehingga dapat terus bertambah kedepannya," kata Dessy.

Bengaluru merupakan kota dengan populasi penduduk ke-3 terbesar di India, yang telah berkembang menjadi “Silicon Valley of India” atau pusat industri teknologi India. Terdapat perusahaan yang bergerak di bidang teknologi terbanyak di India. 

Penerbangan perdana IndiGo Airlines rute Bangalore (BLR) - Denpasar (DPS) mulai beroperasi pada 29 Maret 2024 dengan kapasitas 186 penumpang. 

Pesawat Airbus A320 Neo bernomor 6E1605 berangkat dari Bangalore pukul 00.50 IST (waktu India) dan tiba di Denpasar (DPS) pada pukul 10.20 WITA dengan durasi 7 jam. Rute Bangalore - Denpasar akan terbang harian dengan frekuensi satu hari sekali. 

Kemenparekraf/Baparekraf turut mendukung rangkaian acara penerbangan perdana IndiGo Airlines ini pada Jumat, 29 Maret 2024 di Terminal Kedatangan Internasional, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Penyambutan dilakukan dengan membagikan cinderamata Wonderful Indonesia kepada para penumpang penerbangan tersebut. 

Tidak ketinggalan Dinas Pariwisata Provinsi Bali berkolaborasi dalam prosesi penyambutan kedatangan penumpang dari Bangalore. Mereka menghadirkan tarian tradisional Bali ‘Sekar Jagat’ serta sepasang Duta Pariwisata Provinsi Bali. ***