EmitenNews.com — Fitch Ratings telah mengafirmasi Peringkat Jangka Panjang Emiten Default (IDR) PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) di 'B+' dan menempatkan peringkat pada Outlook Positif. Fitch juga telah mengafirmasi peringkat surat utang senior tanpa jaminan dolar AS Medco di 'B+' dengan Peringkat Pemulihan adalah 'RR4'.


Semua peringkat sekarang turun Rating Watch Positif, karena Medco telah menyelesaikan akuisisi ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. ConocoPhillips memiliki 54% hak kerja di kontrak bagi hasil (PSC) blok Corridor, aset operasi di Sumatera Selatan, dan 35% minat di Transasia Pipeline Company Pvt Ltd.


Outlook Positif mencerminkan peningkatan profil operasi Medco pasca akuisisi, dengan skala yang lebih besar dan campuran pendapatan yang lebih menguntungkan karena pangsa kontrak harga tetap yang lebih tinggi. Kami memperkirakan EBITDA Medco dari kontrak harga tetap akan tetap di atas 2,5x beban bunga, naik dari sekitar 1,0x sebelum akuisisi, hingga 2025. Peringkat Medco didukung oleh posisi berbiaya rendah, stabilitas pendapatan, dan arus kas bebas yang sehat. , yang mendukung profil keuangan perusahaan yang kuat di bawah asumsi harga minyak dan gas (O&G) Fitch.


Tetap Lebih Tinggi - Volume Harga , Skala Lebih Besar: Akuisisi Blok Koridor PSC telah meningkatkan pangsa gas dalam output Medco menjadi 75%, dari 60%. Sebagian besar gas dari Koridor dijual melalui harga tetap, kontrak take-or-pay jangka panjang dengan rekanan yang kuat, termasuk PT Perusahaan Gas Negara Tbk (BBB-/Stabil) dan PT Pertamina (Persero) (BBB/Stabil) ; Bagian Medco dari kontrak harga tetap dalam outputnya sekarang sekitar 55%, dari di bawah 40%.


Koridor juga menambahkan hingga 70.000 barel setara minyak (boe) per hari ke produksi Medco sebesar 100 juta boe per hari, sehingga skala operasi Medco lebih besar daripada skala produsen hulu migas paling banyak dalam kategori peringkat 'B'.


Ruang untuk Peningkatan Masa Pakai Cadangan: Kami memperkirakan masa pakai cadangan pro forma terbukti (1P) Medco berada di bawah pedoman tindakan peringkat positif kami selama tujuh tahun pada akhir tahun 2021, karena masa pakai cadangan 1P yang lemah dari Blok Koridor PSC, yang kami nilai kurang dari dari empat tahun. Ini akan memerlukan investasi yang lebih tinggi bagi Medco untuk meningkatkan umur cadangannya; Medco berencana mengembangkan pemboran Blok B, Senoro Tahap 2 dan Blok A guna menambah cadangan dalam jangka menengah. Perusahaan mengatakan integrasi Koridornya berjalan sesuai rencana dan mengharapkan untuk menyelesaikan rencana investasinya untuk Koridor selama 2H22.


Medco memiliki sejarah panjang dalam mengisi kembali cadangannya secara organik dan anorganik dan bertujuan untuk mempertahankan umur cadangan terbukti dan mungkin selama sembilan tahun. Profil keuangan perusahaan yang kuat memberikan ketahanan terhadap belanja modal, sementara proporsi yang tinggi dari cadangan terbukti yang dikembangkan menurunkan persyaratan belanja modal dan memberikan fleksibilitas selama penurunan harga minyak.


Posisi Biaya Kompetitif : Posisi biaya tunai rendah Medco membaik dengan akuisisi Blok Koridor PSC, yang memiliki posisi biaya tunai USD4-5/boe, lebih rendah dari biaya tunai Medco sebelumnya sekitar USD9/boe . Ini, bersama dengan volume terkontrak, mendukung arus kas yang kuat dan dapat diprediksi.


Meningkatkan Profil Keuangan: Penghasilan tambahan dari Blok Koridor PSC dan harga minyak yang kuat akan meningkatkan EBITDA menjadi USD1 miliar atau lebih hingga 2025 (2021E: USD640 juta), meskipun ada penurunan minat kerja di blok Koridor menjadi 46% setelah 2023, dari 54 %. Kami memperkirakan leverage bersih, diukur sebagai utang bersih/EBITDA dan tidak termasuk anak perusahaan Medco yang dimiliki sepenuhnya, PT Medco Power Indonesia (MPI), turun di bawah 2,0x pada 2022 (2021E: 3,3x, 2020: di atas 4,0x).


Penawaran Tender , Hutang Lebih Rendah : Medco telah membuat penawaran tender terbatas untuk membeli kembali USD150 juta dari uang kertas dolar AS tahun 2026 dan 2027 menggunakan kas internal. Ini memprioritaskan uang kertas 2026, yang merupakan yang paling mahal dalam struktur modalnya. Oleh karena itu, pembelian kembali yang berhasil akan meningkatkan metrik cakupan bunganya. Kami belum memasukkan pembelian kembali ke dalam kasus dasar kami dan memperkirakan rata-rata penutup bunga berbasis EBITDA di 6,4x hingga 2025 (2021E: 2,8x). Utang Medco juga akan turun setelah melunasi pinjaman bank amortisasi dua tahun sebesar USD450 juta untuk mendanai akuisisi Koridor menggunakan arus kas operasi.


Pembaruan Perjanjian Gas : Perjanjian jual beli gas untuk PSC blok Corridor berakhir pada tahun 2023. Beberapa perjanjian telah diperpanjang, tetapi sebagian besar masih dalam pembahasan. Kami yakin risiko volume dari pembaruan itu rendah, mengingat pentingnya blok tersebut bagi pasokan gas domestik Indonesia.


Netral Bisnis Tenaga Listrik: kami menilai dinamika risiko MPI netral terhadap profil kredit Medco, karena investasinya di perusahaan listrik berada di luar struktur grup terbatas yang ditentukan dalam dokumentasi obligasinya. Dokumen tersebut membatasi investasi Medco di luar grup terbatas hingga USD300 juta, setengahnya telah digunakan. Ini juga membatasi arus kas keluar dari Medco ke MPI dan investasi lain di luar grup terbatas dan tidak ada klausul cross-default yang menghubungkan utang MPI ke Medco.