EmitenNews.com - Indonesia mampu segera mencapai status endemi. Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Erlina Burhan melihat hal itu dari kondisi penularan Covid-19 yang rendah dan menurunnya pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit saat ini.


Dalam keterangannya pada konferensi pers virtual BNPB, Senin (19/9/2022), Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Erlina Burhan memaparkan, untuk mengalami masa pandemi transisi menuju endemi, angka perawatan pasien di rumah sakit harus dibawah 5 persen.


"Indonesia sudah di bawah 5 persen. Jadi, sudah ada satu syarat yang terpenuhi untuk menuju endemi," kata Erlina Burhan.


Kemudian angka kematian dan laju infeksi yang juga rendah. Dokter Erlina menyebutkan, hal itu diamati dalam waktu 6 bulan, setelah itu suatu negara bisa mengatakan bahwa sudah memasuki masa transisi.


Meski demikian Erlina mengingatkan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terkait dengan pencapaian dari indikator-indikator yang ditetapkan WHO untuk dalam menuju endemi.


"Tapi saya cukup optimistis dengan syarat bahwa cakupan imunisasi booster kita naik meninggi di atas 50 persen dan masyarakat terbiasa memakai masker terutama di keramaian dan di ruang tertutup," kata dokter spesialis paru itu. ***