EmitenNews.com - Bahaya Omicron, varian baru Covid-19 terus mengintai. Pasien tertular varian Covid-19 yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan, November 2021 itu, kasusnya di Indonesia bertambah. Seorang pria asal Medan, Sumatera Utara diketahui tertular Omicron, padahal tidak ada riwayat ke luar negeri. Jadi, pasien transmisi lokal Omicron sudah ada di Indonesia.


Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, dalam siaran pers, Selasa (28/12/2021), menjelaskan pasien varian Omicron itu, sama sekali tidak ada riwayat dari luar negeri dalam beberapa bulan terakhir.


Siti Nadia Tarmizi menjelaskan pasien tersebut bersama istrinya kerap perjalanan bolak-balik Medan-Jakarta satu bulan sekali. Terakhir, si pasien varian Omicron itu, tiba di Jakarta pada 6 Desember 2021. Lalu pada 17 Desember sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD, Kawasan Thamrin, Jakarta. Lalu, 19 Desember 2021, dinyatakan positif Covid-19 saat tes antigen karena ingin kembali ke Medan.


Menurut Siti Nadia Tarmizi, 20 Desember lalu dilakukan tes PCR dengan hasil konsisten antigen. Lalu, 24 Desember pasien tersebut dinyatakan positif Omicron. "Yang bersangkutan dievakuasi." ***