EmitenNews.com – MNC Group dan Formula E hari ini telah mengumumkan kemitraan eksklusif di Indonesia untuk menayangkan balapan Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E secara langsung di RCTI+ dan Vision+, dua super-app yang saat ini sedang dalam proses akuisisi oleh PT MNC Studios International Tbk (MSIN).

 

Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E musim ke-8 berlanjut akhir pekan ini dengan Putaran 3 di kota Meksiko, pada Minggu malam, pukul 04:30 WIB. Formula E untuk pertama kalinya akan hadir di Jakarta sebagai kota yang menjadi tuan rumah di seri Kejuaraan Dunia Formula E, yang dijadwalkan berlangsung pada bulan Juni 2022.

 

Perjalanan di musim ini dimulai dengan balapan double-header di sekitar UNESCO Diriyah, Arab Saudi, pada tanggal 28 dan 29 Januari. Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E akan menghadirkan 16 seri balapan terbesar yang pernah ada di pusat kota-kota ikonik dunia termasuk Roma, Monako, Berlin, London dan New York dan untuk pertama kalinya, Jakarta, Vancouver dan Seoul.

 

Selain itu, kerjasama ini juga mencakup MNC Group sebagai mitra siaran eksklusif balapan Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E yang akan tayang di iNews, saluran FTA berita terbesar, dan juga Jakarta E-Prix untuk pertama kalinya yang akan ditayangkan di RCTI, saluran TV FTA yang paling banyak ditonton di Indonesia. RCTI sebagai stasiun TV nomor 1 di Indonesia, memiliki kinerja yang luar biasa, dengan rata-rata pencapaian pangsa pemirsa di slot prime time sebesar 48,2% dan di slot all-time sebesar 42,8% pada bulan Januari 2022, jauh melampaui para pesaingnya

 

Pendekatan yang sama juga berlaku bagi saluran TV berlangganan dan layanan broadband milik MNC Group di bawah naungan PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV). Dengan kemitraan tersebut, MNC Vision, K-Vision, MNC Play, dan Vision+ TV, akan dapat menayangkan siaran langsung balapan Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E ke lebih dari 10+ juta pengguna TV berlangganannya. IPTV adalah perusahaan induk dari MNC Vision dan K-Vision, TV berlangganan pascabayar dan prabayar DTH terbesar di Indonesia, yang masing-masing menguasai lebih dari 90% dan 70% pangsa pasar di Indonesia, dan juga MNC Play, sebagai penyedia layanan broadband dan fiber optik TV berlangganan terbesar ke-3, serta Vision+ TV, satu-satunya Android OTT Box Bersertifikasi Google di Indonesia.

 

Kemitraan strategis tersebut merupakan peluang transformatif bagi MNC dan ABB Formula E. ABB Formula E kini memperoleh dukungan penuh dari MNC Group sebagai grup media terintegrasi terbesar di Asia Tenggara dengan menghadirkan siaran yang menyeluruh kepada khalayak yang lebih luas dan menghadirka kegembiraan bagi para penggemar Formula E di Indonesia, sedangkan bagi MNC Group, untuk senantiasa membuktikan komitmennya dalam terus menghadirkan konten olahraga dunia premium terbaik untuk jutaan penontonnya.

 

Saat ini MSIN berada dalam tahap akhir akuisisi RCTI+ dan Vision+. RCTI+, sebagai 5 in 1 entertainment super-app dengan 64 juta MAU dan Vision+, SVOD dengan 45 juta MAU dan lebih dari 2 juta pelanggan berbayar, akan menjadi katalis bagi pertumbuhan Perseroan dengan menyelesaikan konsolidasi digital ini secara menyeluruh.

 

"Kami sangat senang untuk dapat bekerjasama dengan ABB untuk menghadirkan seri olahraga balapan dunia premium seperti Formula E dan menghadirkan sebuah hiburan baru bagi jutaan pemirsa dan pelanggan kami. MNC Group akan memberikan terobosan baru dengan menyiarkan acara balapan terbesar dalam sejarah Formula E-Prix dengan penyelenggaraan E-Prix di Jakarta untuk pertama kalinya. Kami bangga memulai perjalanan yang luar biasa ini. Selanjutnya, kami berharap dapat senantiasa menghadirkan sensasi baru kepada para pemirsa untuk beberapa tahun yang akan datang,"kata Valencia Tanoesoedibjo, Direktur MSIN.