EmitenNews.com - Sejumlah persoalan lingkungan butuh penyelesaian, salah satunya sampah. Tidak hanya sampah plastik, sisa makanan juga menjadi sumber penyumbang sampah terbesar, dan berpotensi mencemari lingkungan. Selain membuat sampah menggunung, sampah makanan juga membahayakan lingkungan. 


Itu karena menghasilkan karbondioksida (CO2), dan zat metana dapat merusak lapisan ozon. Problem sampah tidak bisa diatasi sendiri. Partisipasi seluruh elemen menjadi kunci mengurangi sampah pangan dengan berbagai cara. Di antaranya bijak mengonsumsi makanan, menyimpan makanan secara tepat, dan kreatif mengolah sisa makanan. 


Semangat untuk membangun kesadaran mengenai sampah makanan, mendorong PT Semen Indonesia atau SIG (SMGR) berperan aktif melanjutkan gerakan #MulaiBerubahDariRumah 2.0. Mengajak masyarakat peduli, dan berkontribusi nyata terhadap lingkungan. Gerakan #MulaiBerubahDariRumah 2.0  itu, sejalan komitmen SIG memberikan solusi.


Tidak hanya memenuhi harapan stakeholder, tapi juga menjadi pendorong tumbuh kembang industri bahan bangunan yang memperhatikan keberlanjutan alias sustainability. ”Lebih dari sekadar misi, melalui semangat Go Beyond Next, diharapkan dapat menginspirasi komunitas, masyarakat untuk terus beradaptasi, dan berinovasi lewat aksi nyata,” tutur Vita Mahreyni, Corporate Secretary SIG, Jumat (1/10).


Setiap perubahan besar, selalu bermula dari langkah kecil. Misalnya, bisa berkontribusi untuk lingkungan, mulai dari diri sendiri. Gerakan #MulaiBerubahDariRumah itu, dirancang untuk bisa dilakukan dari rumah mengingat pemerintah masih memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat selama pandemi.


Gerakan itu, dapat diikuti seluruh lapisan masyarakat, termasuk komunitas. Caranya, dengan membuat foto atau video disertai cerita perubahan dilakukan untuk lingkungan. Yaitu, mengenai perubahan kecil seputar food waste atau food loss yang dilakukan. Konten itu, diunggah pada Instagram periode 1-31 Oktober 2021, disertai tagar #MulaiBerubahDariRumah #MulaiCeritaDariRumah kemudian mention akun HYPERLINK "https://www.instagram.com/sig.id/" @sig.id, dan tandai tiga teman.


Setiap cerita yang diunggah di media sosial itu, akan dikonversi oleh SIG menjadi satu paket bantuan untuk didonasikan kepada masyarakat yang membutuhkan. SIG menyediakan Rp15 juta untuk tiga cerita terbaik. Ayo #MulaiBerubahDariRumah bersama SIG. (*)