EmitenNews.com - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idA- PT Steel Pipe Industry of Indonesia (ISSP), dan obligasi berkelanjutan I Tahun 2021. Saat bersamaan, Pefindo juga menegaskan peringkat idA-(sy) Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Tahun 2021. Prospek atas peringkat perusahaan tersebut stabil.


Peringkat itu, mencerminkan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar dalam bisnis manufaktur pipa baja, portofolio produk terdiversifikasi, dan marjin laba stabil. Namun, peringkat itu, dibatasi struktur permodalan moderat, kebutuhan modal kerja tinggi, eksposur terhadap volatilitas harga baja, dan fluktuasi nilai tukar mata uang asing. 


Peringkat dapat dinaikkan kalau perseroan makin memperkuat profil bisnis yang tercermin dari pertumbuhan pendapatan, marjin laba, perbaikan berkelanjutan dalam struktur permodalan, dan proteksi arus kas. Peringkat dapat diturunkan kalau pendapatan dan/atau EBITDA jauh di bawah target, dan/atau jika perusahaan menambah lebih banyak utang dari proyeksi, yang akan memperburuk struktur permodalan, dan proteksi arus kas. 


Perusahaan berdiri pada 1971. Sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai produk berhubungan dengan baja seperti pipa, dan pelat. Per 30 Juni 2022, pemegang saham perusahaan terdiri dari PT Cakra Bhakti Para Putra 56,9 persen, DBS Bank Ltd 7,08 persen, dan publik 36,02 persen. (*)