EmitenNews.com - Asep Sulaeman Sabanda mengurangi kepemilikan saham Berkah Beton Sadaya (BEBS). Sultan Subang, Jawa Barat (Jabar) itu, melego 23.832.500 helai alias 23,83 juta eksemplar. Transaksi telah dibereskan pada Rabu, 14 Juni 2023. 


Transaksi terjadi dengan harga pelaksanaan Rp50 per lembar. Dengan skema harga itu, pengasuh Pondok Pesantren Al-Ihya itu, hanya perlu merogoh kocek senilai Rp1,19 miliar. ”Transaksi untuk kepentingan divestasi dengan status kepemilikan saham secara langsung,” tulis Datuk Wira Syed Zaid Ali Al Hadad, Direktur Utama Berkah Beton Sedaya.


Menyusul penuntasan transaksi itu, timbunan saham Asep Sulaeman mengalami reduksi 0,05 persen. Yaitu, menjadi tersisa 2,02 miliar lembar atau setara dengan 4,51 persen. Berkurang dibanding sebelum transaksi dengan tabulasi 2,05 miliar helai atau 4,56 persen. 


Menariknya, aksi Sultan Subang itu, hanya berjarak sehari dari pembelian dilakukan sebelumnya. Pasalnya, pada Selasa, 13 Juni 2023, Asep memborong 23,83 juta saham Berkah Beton Sadaya pada harga pelaksanaan Rp50 per lembar. Aksi keluar masuk Sultan Subang itu, tidak jabarkan dengan terang benderang.


Manajemen Berkah Beton hanya berkilah kalau aksi Asep Sulaeman tidak lebih dari investasi. Namanya, investasi tentu ada pertimbangan baik sebelum atau sudah mengambil keputusan untuk mengambil suatu tindakan korporasi. Oleh karena itu, di balik aksi tersebut, hanya Asep Sulaeman yang tahu pasti. (*)