EmitenNews.com -Menuju usianya yang ketujuh pada Desember 2023 ini, PEI bekerjasama dengan Japan Securities Finance Co. Ltd (JSF) yang merupakan salah satu perusahaan securities finance pertama dan terbesar di dunia, menyelenggarakan sesi pengenalan bisnis Pendanaan Transaksi Efek di pasar modal Jepang, dengan melibatkan seluruh Anggota Bursa. 

Bertempat di Mainhall Gedung Bursa Efek Indonesia, 5 Desember 2023, Kazutaka Tajima (Senior Manager of Margin Loan Department, JSF) dan Suryadi (Direktur PT Pendanaan Efek Indonesia) menyampaikan paparan tentang produk pendanaan transaksi marjin baik di Jepang maupun di Indonesia.

Dalam pembahasan tersebut, diperoleh pemahaman bahwa terdapat potensi pengembangan Pendanaan Transaksi Efek di Indonesia, khususnya jika dibandingkan dengan mekanisme penyediaan Efek terkait transaksi shortselling di Indonesia. 

Sejalan dengan semangat revitalisasi transaksi marjin dan shortselling yang sedang diinisiasi oleh SRO dan OJK saat ini, mekanisme penyediaan Efek dengan skema premium charge yang telah berjalan di Jepang merupakan salah satu solusi efektif bagi pasar modal Indonesia. 

Sejalan dengan sambutan Yutaka Okada (Senior Managing Executive Officer, JSF), Irvan Susandy (Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa, BEI) dan Yoyok Isharsaya (Direktur Utama PT Pendanaan Efek Indonesia) di awal acara, kolaborasi dan sinergi antara Indonesia dan Jepang khususnya di bidang Pendanaan Transaksi Efek, diharapkan dapat membawa dampak positif pada perkembangan bisnis Anggota Bursa. 

JSF yang saat ini merupakan pemegang saham 10% dari PT Pendanaan Efek Indonesia bersama-sama dengan BEI, KPEI dan KSEI, terus berkomitmen untuk secara konsisten melaksanakan transfer knowledge dan dukungan teknis ataupun nonteknis kepada PEI.