EmitenNews.com - Kabar baik bagi warga Jakarta Bogor Depok dan Bekasi. Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) Entus Asnawi Mukhson memastikan pengoperasian Light Rail Transit (LRT) atau kereta layang ringan Jabodebek itu mulai dilakukan pada Juni 2023. Kereta layang ringan ini dioperasikan dengan Grade of Automation (GoA) level tiga atau tanpa masinis. Pembangunan fisik sudah mencapai 96 persen.


"Dari hasil pembahasan kami dengan para pihak terkait, diharapkan nanti Juni 2023 mulai beroperasi," kata Entus Asnawi Mukhson dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi XI DPR RI dengan Kementerian Keuangan dan Adhi Karya, di Jakarta, Selasa (13/9/2022).


Saat ini pembangunan proyek secara fisik sudah mencapai 96 persen. Namun, pihak ADHI masih perlu memastikan terlebih dahulu terkait faktor keamanan penumpang.


"Sampai saat ini pekerjaan fisik hampir selesai 96 persen. Cuma karena ini tanpa masinis, untuk memastikan safety-nya sesuai, ada tambahan dari berbagai pihak," kata Entus.


Kereta layang ringan ini dioperasikan dengan Grade of Automation (GoA) level tiga atau tanpa masinis, yang merupakan pertama kali diterapkan pada sistem perkeretaapian di Indonesia.


Semua pengoperasian dan pengendalian akan dilakukan melalui sistem di unit depo seluas 11 hektar yang berlokasi di Bekasi Timur. Jadi, kata Entus, nantinya LRT ini, tidak ada masinisnya. Semua dikendalikan oleh sistem yang dikelola di depo. ***