EmitenNews.com - Seiring dengan membaiknya penanganan pandemi Covid-19, dan adanya pelonggaran aktivitas masyarakat, iklim pariwisata di Bali mulai bangkit. Sejak 7 Maret 2022, wisatawan, baik domestik, maupun mancanegara yang berkunjung ke Bali tanpa karantina. Gubernur Bali Wayan Koster menyakinkan Pemerintah Pusat agar Bali diberikan kelonggaran, yang akhirnya berhasil, perekonomian setempat meningkat sampai 3,04 persen.


Dalam sambutan Hari Jadi ke-64 Provinsi Bali, pada Rapat Paripurna ke-23 di Gedung DPRD Provinsi Bali, Minggu (14/8/2022), Wayan Koster mengatakan sejak adanya pelonggaran, termasuk tanpa karantina itu, kunjungan wisatawan ke Bali terus mengalami peningkatan.


Mengutip data yang ada, Wayan Koster menyebutkan, wisatawan mancanegara yang ke Bali sudah mencapai lebih dari 9 ribu kedatangan setiap hari. Jumlah penerbangan internasional setiap hari ke Bali terus meningkat, dan saat ini sudah mencapai 23 maskapai dari berbagai negara.


"Wisatawan domestik yang berkunjung ke Bali sudah mencapai di atas 10 ribu orang kedatangan setiap hari melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, belum dihitung melalui jalur darat," katanya.


Peningkatan kunjungan wisatawan ke Bali secara langsung berdampak kepada kenaikan hunian hotel, restoran semakin ramai, jalan mulai padat dan obyek wisata telah semarak kembali.


Wayan Koster mencatat, secara makro, pertumbuhan ekonomi Bali bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Triwulan II tahun 2022, ekonomi Bali telah tumbuh positif mencapai 3,04 persen. Meningkat jauh, dibandingkan situasi yang sangat pelik pada tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Bali mengalami kontraksi terdalam minus 9,31 persen.


Pada tahun 2021 mulai membaik, meski masih minus, atau minus 2,47 persen. Saat ini, tahun 2022, sudah 3,04 persen. Sudah positif dan akan berlanjut sampai akhir tahun 2022. Pertumbuhan ekonomi Bali yang positif ini, bertitik tolak dari kunjungan wisatawan ke Bali. Khususnya, wisatawan mancanegara yang sudah mencapai lebih dari 50 persen dibanding situasi normal sebelum Pandemi Covid-19.


Sebelum Pandemi Covid-19 kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali, pergerakannya antara 15 sampai 18 ribu kedatangan per hari. Target Pemprov Bali, Desember 2022 mencapai 40 persen, akhir Juli sudah lebih dari 50 persen. ***