EmitenNews.com - Perusahan Produksi Panel, Perakitan Baterai Listrik dan Energi Terbarukan yaitu PT Semacom Integrated Tbk (SEMA) menetapkan harga pelaksanaan initial public offering (IPO) sebesar Rp180 per lembar saham.



Dalam prospektus yang diterbitkan hari ini Senin (3/1) disebutkan, PT Semacom Integrated Tbk (SEMA) melakukan Penawaran Umum Perdana Saham dalam IPO ini sebanyak 347.000.000 saham baru yang merupakan Saham Biasa Atas Nama dengan nilai nominal Rp50 setiap saham.

 

Jumlah saham yang ditawarkan setara 25,76% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan setelah Penawaran Umum, yang dikeluarkan dari simpanan (portepel) Perseroan. Dari ipo ini  Semacom Integrated Tbk (SEMA) bakal meraup dana sebesar Rp62,460 miliar.

 

Perseroan secara bersamaan juga menerbitkan sebanyak 173.500.000 Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau sebanyak 17,35% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat Pernyataan Pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan. Total dana dari Waran Seri I adalah sebanyak-banyaknya Rp39,91 miliar, dengan harga pelaksanaan Rp230 dan rasio 2 banding 1 (Setiap pemegang 2 Saham Baru Perseroan berhak memperoleh 1 Waran Seri I).

 

Dalam hajatannya ini, Perseroan telah menunjuk PT NH Korindo Sekuritas Indonesia sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Penjamin Emisi Efek. Patut dicatat, Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Penjamin Emisi Efek menjamin seluruh Penawaran Saham secara Kesanggupan Penuh (Full Commitment) Terhadap Penawaran Umum Perseroan.

 

"Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan, antara lain untuk Pembelian Persedian, Biaya Research & Development, serta Biaya Pemasaran dan Promosi. Sedangkan dana yang diperoleh Perseroan dari pelaksanaan Waran Seri I, jika dilaksanakan oleh pemegang waran, maka akan digunakan untuk Modal Kerja Perseroan yaitu untuk pembelian persediaan serta biaya pemasaran dan promosi,"tulis Manajemen Semacom Integrated.

 

- Masa Penawaran Umum Perdana Saham : 3 Januari – 5 Januari 2022.

- Penjatahan : 5 Januari 2022.

- Distribusi Saham Secara Elektronik : 6 Januari 2022.

- Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia : 7 Januari 2022 .

-  Akhir Masa Berlaku Waran Seri I : 6 Januari 2023