EmitenNews.com - PEFINDO menetapkan peringkat idBBB+ dengan prospek stabil kepada PT Indonesia Paradise Property Tbk (INPP). Peringkat tersebut mencerminkan pendapatan berulang INPP yang stabil, posisi pasar yang baik dengan kualitas aset yang baik, dan merek jaringan hotel yang kuat.

 

Peringkat tersebut dibatasi oleh struktur permodalan yang agresif dan perlindungan arus kas yang lemah, risiko yang terkait dengan proyek di masa depan, dan persaingan yang ketat di industri perhotelan.

 

Peringkat dapat dinaikkan jika INPP berhasil secara konsisten mencapai pendapatan yang ditargetkan baik dari segmen bisnis berulang dan tidak berulang (pengembangan yang ada dan yang akan datang) sambil meningkatkan leverage keuangannya secara berkelanjutan.

 

Namun, peringkat dapat diturunkan jika pendapatan atau EBITDA jauh lebih rendah dari proyeksi, dan jika Perusahaan berutang jauh lebih banyak dari yang diproyeksikan yang melemahkan metrik kreditnya.

 

Didirikan pada tahun 1996, INPP adalah pengembang properti serba guna yang bergerak di bidang pengoperasian hotel, pengembangan pusat perbelanjaan, dan perumahan bertingkat tinggi.

 

Per 31 Maret 2023, pemegang saham adalah Tree of Blessing Pte Ltd (42,75%), PT Grahatama Kreasibaru (37,00%), Elysium Investment Partner Ltd (18,00%), manajemen (0,05%), dan publik (2,20%). Pemilik akhirnya tetap PT Grahatama Kreasibaru.