EmitenNews.com -PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) mengumumkan telah mendapat suntikan modal dari afiliasinya yaitu PT Totalindo Investama Persada selaku pemegang saham pengendali.

Merujuk keterangan resmi emiten konstruksi ini yang dikutip dari laman BEI, Selasa (13/2/2024), disebutkan perseroan mengantongi pinjaman dengan nilai sebesar Rp16,13 miliar dari Totalindo Investama Persada.

Direktur Utama TOPS, Donald Sihombing dalam Keterbukaan Informasi BEI mengungkapkan, perseroan menandatangani perjanjian utang piutang dengan Totalindo Investama Persada pada 2 Januari 2023.

"Transaksi (penerimaan pinjaman dari Totalindo Investama Persada) dilakukan dari 18 April-20 Juni 2023 (sebanyak 32 kali transaksi) dengan total Rp16,13 miliar," kata Donald.

Artinya dalam hal ini, perseroan sebagai penerima pinjaman dan Totalindo Investama Persada selaku pemberi pinjaman.

Ini merupakan transaksi afiliasi, karena Totalindo Investama Persada merupakan pemegang saham mayoritas TOPS dengan kepemilikan 15,79 miliar saham atau 47,39 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan.

"Transaksi afiliasi dilakukan dengan pertimbangan kemudahan akses pendanaan dibandingkan dengan pinjaman kepada pihak ketiga di tengah kondisi perseroan yang masih membukukan kerugian," papar Donald.