EmitenNews.com - Kinerja sejumlah badan usaha miliki daerah (BUMD) terindikasi mengalami peningkatan berkat implementasi good corporate governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik. Hal ini terungkap dari penganugerahan penghargaan Top BUMD Awards 2024 di Jakarta (20/3).


Penghargaan TOP BUMD Awards 2024 diberikan kepada sejumlah BUMD (badan usaha milik daerah) dari seluruh Indonesia yang berhasil melewati proses penilaian oleh Dewan Juri, yang terbagi dalam beberapa tahap sedari pengisian kuesioner hingga wawancara penjurian.


Berlangsung di Hotel Raffles Jakarta acara tersebut dihadiri oleh sekitar 850-an orang lebih. Mereka berasal dari berbagai kalangan seperti petinggi BUMD, kepala daerah penerima penghargaan, pakar/konsultan bisnis, media massa, dan lain-lain.


Tema acara kali ini adalah: “Penguatan Tata Kelola dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD” yang diselenggarakan Majalah TopBusiness. Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2024, M. Lutfi Handayani, mengatakan bahwa, dengan tema tersebut, yang dinilai dari BUMD adalah keberhasilan kinerja dan layanan.


“Dan tentunya, kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan yang baik (GCG/good corporate governance) dalam mendukung peningkatan kinerja dan layanan BUMD,” kata Lutfi yang juga Pemimpin Redaksi Majalah TopBusiness tersebut.


Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin mendorong adanya implementasi tata kelola perusahaan yang baik atau GCG dan dilakukannya inovasi-inovasi dari BUMD-BUMD di Indonesia untuk meningkatkan kinerja dan layanan BUMD.


Kegiatan Top BUMD ini, kata Lutfi, selaras dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah No 54 tahun 2017 tentang BUMD pasal 7 dan pasal 8, bahwa pengelolaan BUMD harus didasarkan pada tata kelola perusahaan yang baik.


“Jika GCG dan inovasi ditularkan ke semua BUMD, mudah-mudahan nanti semakin banyak BUMD-BUMD yang top, BUMD-BUMD yang hebat, yakni BUMD-BUMD yang terus melakukan inovasi dan perbaikan dalam pengelolaan usahanya. Mudah-mudahan perekonomian di daerah maupun tingkat nasional terus tumbuh berkelanjutan,” tuturnya.
(*)