EmitenNews.com - PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) memberikan penjelasan terkait jumlah saham free float perseroan yang saat ini hanya 3,68%.  Perseroan dan pengendalinya, EP ID, sedang mempertimbangkan berbagai macam opsi guna mematuhi persyaratan minimum saham  free float . 

 

Menanggapi permintaan penjelasan Bursa Efek Indonesia, Corporate Secretary  CENT Wiwik Septriandewi menyatakan, per tanggal 31 Maret 2022, setelah pembelian saham tambahan oleh EP ID Holdings Pte Ltd pada 23 Maret 2022, persentase saham  free float  dalam perseroan adalah 3.68% dari total saham yang diterbitkan dalam CENT.

 

"Hingga tanggal tanggapan ini, persentase dari saham  free float  berada di bawah persyaratan minimal 7,5% dari total saham CENT, namun jumlah saham yang dimiliki oleh pemegang saham publik yang terkualifikasi sebagai saham  free float  melebihi persyaratan minimum 50 juta saham dan perseroan memiliki lebih dari 300 pemegang saham publik," ungkap Wiwik dalam keterbukaan informasi, Jumat (8/4/2022).

 

Opsi yang sedang dipertimbangkan termasuk melakukan penambahan modal oleh perseroan melalui penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu (rights issue) untuk meningkatkan persentase saham yang dimiliki oleh pemegang saham publik, dan EP ID mengurangi kepemilikannya dalam perseroan dengan mengalihkannya kepada pihak ketiga.

 

"Perseroan dan EP ID berkomitmen untuk memenuhi persyaratan minimum saham  free float  sesegera mungkin guna mematuhi Peraturan Bursa No. I-A," papar Wiwik.