EmitenNews.com - Pembangunan pusat data sangat penting. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pentingnya pembangunan pusat data (data center) di Indonesia untuk mempercepat upaya transformasi digital.

 

"Pusat data sangat penting, tidak hanya bagi perusahaan tetapi juga dalam menjalankan birokrasi di pemerintahan," kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam peresmian Data Center EdgeConneX di Cikarang, Jawa Barat, pada Rabu (13/9/2023).

 

Pasalnya, peranan teknologi digital menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan.

 

Sejalan dengan hal itu, kebutuhan pusat data juga turut meningkat seiring waktu sehingga perlu disiapkan secara baik.

 

Pemerintah membutuhkan pusat data untuk mendukung sistem e-katalog, sebuah aplikasi belanja secara daring yang menyediakan berbagai macam produk dan komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah.

 

Di luar itu, pelaksanaan transaksi pembayaran, baik dalam proses penyaluran maupun pemanfaatan dana desa melalui elektronik dan digital. 

 

Tidak kalah pentingnya, Indonesia perlu membangun sebuah ekosistem untuk mengurangi korupsi dengan membangun ekosistem digitalisasi yang baik, Jika ekosistem digitalisasi berjalan dengan baik, maka kasus korupsi semakin berkurang.

 

"Distribusi ekonomi, keuangan, birokrasi, hingga edukasi. Semuanya yang kita lakukan di sektor digital membutuhkan data center," ujar Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. ***