EmitenNews.com - PT Krakatau Steel (KRAS) menambah penyertaan modal pada PT Krakatau Wajatama (KWT) Rp987,12 miliar. Itu dilakukan dengan cara menyertakan saham pada PT KHI Pipe Industries, dan PT Krakatau National Resources (KNR).  


Menyusul transaksi itu, saham perseroan di PT KWT menjadi 99,9999 persen dari sebelumnya 99,99 persen. Lalu, pada PT KHI dari sebelumnya 99,50 persen menjadi 0,001 persen, dan kepemilikan perseroan pada PT KNR menjadi 0,001 persen dari sebelumnya 99,99 persen. 


Transaksi itu, bertujuan mendukung penataan portofolio untuk optimalisasi bisnis perseroan. Memperkuat bisnis solusi baja melalui koordinasi lebih intensif dalam satu entitas. Berperan sebagai arm length yang andal bagi penjualan produk, dan rantai pasok material.


Selanjutnya, peningkatan kemandirian, dan kelincahan pengembangan bisnis solusi baja melalui penguatan produk hilirisasi. ”Terpenting memperkuat sinergi antara perseroan dan group,” tutur Pria Utama, Corporate Secretary Krakatau Steel, kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (13/9). (*)