EmitenNews.com - PT Humpuss Intermoda Transportasi (HITS) memperkuat performa anak usaha. Itu dilakukan dengan transaksi pembelian dua unit kapal tug boat (TB) senilai Rp22,5 miliar. Dua unit kapal itu, TB Mitra Anugerah 36, dan TB Mitra Anugerah 38.


Pembelian kapal dilakukan PT Humpuss Transportasi Curah (HTC) entitas anak perseroan, dan perusahaan terkendali dengan kepemilikan tidak langsung 99,99 persen saham melalui anak usaha yaitu MISI Hutama Internasional (MISI), 99,9672 persen saham MISI dikaveling perseroan.


”Penjual dari kapal itu, Fusanto Wijaya, warga Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), dan bukan merupakan afiliasi dari perseroan,” tutur Kemal Imam Santoso, Direktur Utama Humus Intermoda Transportasi, seperti dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (29/10).


Berdasar nilai pembelian, transaksi itu bukan merupakan transaksi material, sebagaimana didefinisikan dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No.17/POJK.04/2020 tentang transaksi material dan perubahan kegiatan usaha (POJK 42), karena nilai transaksi tidak lebih dari 20 persen nilai ekuitas perseroan tahun 2020. 


Selain itu, transaksi bukan afiliasi sebagaimana dalam peraturan OJK nomor 42/POJK.04/2020 tentang transaksi afiliasi, dan benturan kepentingan (POJK 42). Karena dilakukan di antara dua perusahaan yang berdasar ketentuan pasal 1 angka 1 huruf c UU no.8 tahun 1995 tentang pasar modal, tidak dikategorikan sebagai afiliasi. (*)