EmitenNews.com - Indointernet (EDGE) menambah suntikan modal Ekagrata Data Gemilang (EDG) senilai Rp105,5 miliar. Dengan tambahan itu, total perseroan meminjami EDG sebesar Rp120 miliar. Maklum, sebelumnya EDG telah mendapat injeksi modal sejumlah Rp14,5 miliar.


Tambahan pinjaman diberikan dengan bunga floating interest rate kecuali disepakati lain secara tertulis oleh para pihak, untuk jangka waktu 1 tahun sejak tanggal penarikan. ”Transaksi tersebut telah diteken pada 1 September 2023,” tulis Karla Winata, Direktur Utama Indointernet. 


Transaksi tersebut tidak memenuhi batasan material dalam POJK 17. Jadi, transaksi itu bukan merupakan transaksi material. Transaksi afiliasi itu, juga dikecualikan berdasar Pasal 6 ayat 1 huruf b POJK 42/2020. ”Suntikan modal itu untuk menunjang kegiatan usaha atau operasional EDG,” imbuh Karla.


Perseroan merupakan pemegang saham EDG dengan porsi kepemilikan saham sebesar 99,83 persen dari seluruh modal disetor dalam EDG. Pendeknya, transaksi afiliasi tersebut tidak mengandung benturan kepentingan, dan tidak merugikan perseroan sebagai induk usaha.


Selain itu, peningkatan pinjaman pokok kepada EDG tersebut tidak berdampak negatif terhadap perseroan. Baik dari sisi operasional, kondisi keuangan, hukum, dan kelangsungan perseroan sebagai perusahaan publik. (*)