EmitenNews.com - Jasa Marga (JSMR) menggelontorkan dana segar Rp137,50 miliar. Pemberian shareholder loan (SHL) dari pemegang saham itu, mengguyur Cinere Serpong Jaya (CSJ). CSJ merupakan perusahaan terkendali baik langsung maupun tidak langsung perseroan. 


Pemberian pinjaman dari pemegang saham kepada CSJ tersebut telah diteken pada Rabu, 14 Juni 2023. Transaksi itu, berupa pemberian SHL kepada CSJ. Di mana, perseroan salah satu pemegang saham eksisting CSJ. Dengan begitu, CSJ terafiliasi dengan perseroan.


Transaksi tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cash deficiency support CSJ tahun 2023, dan untuk kebutuhan operasional lainnya. ”Yang jelas transaksi tidak mengandung benturan kepentingan sebagaimana dimaksud POJK 42/2020,” tulis Nixon Sitorus, Corporate Secretary & CAO Jasa Marga. 


Berdasar performa laporan posisi keuangan konsolidasi terlihat,transaksi pemberian pinjaman pemegang saham kepada CSJ memiliki pengaruh pada pengurangan saldo kas, dan setara kas serta penambahan pada saldo piutang lain-lain dengan jumlah masing-masing Rp137,50 Miliar. 


Laporan proforma laba (rugi) konsolidasi tidak menunjukkan adanya perubahan pada pendapatan, dan beban-beban yang dimiliki oleh perseroan setelah pelaksanaan transaksi tersebut. Berdasar analisis tim penilai, pinjaman Jasa Marga kepada CSJ masih wajar. (*)