EmitenNews.com - Bukaka Teknik Utama (BUKK) mendirikan anak usaha baru. Usaha anyar itu, diberi nama Bukaka Three D Private Ltd. Pendirian anak usaha baru itu hasil kerja bareng dengan Three D Integrated Solution Ltd, perusahaan berbasis di India.


”Perseroan telah bersepakat dengan Three D Integrated Solution Ltd mendirikan anak usaha patungan pada Jumat, 5 November 2021,” tutur Irsal Kamarudin, Direktur Utama Bukaka Teknik Utama, seperti dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (8/11).


Pendirian Bukaka Three D Private Ltd bermodal dasar Rs50,00,000 terbagi atas 5,00,000 saham masing-masing saham bernilai nominal Rs10, dan modal ditempatkan /disetor BUKK Rs25,00,000 atau senilai Rp498.785.350 setara 51 persen dari seluruh modal disetor dan Three D sejumlah Rs24,50,00 setara 49 persen. 


Tidak ada hubungan afiliasi antara Bukaka dan Three D Integrated Solution Ltd. Pendirian anak usaha itu, sebagai tindak lanjut dari kontrak pengadaan 36 unit passenger Board Bridge (Garbarata) pada sejumlah bandara India (AAI) sebagai pemberi pekerjaan. Nah, untuk memuluskan rencana itu, Bukaka bekerja sama dengan perusahaan di India.


Pendirian anak usaha itu, akan berdampak positif pada perseroan. Meningkatkan operasional usaha Bukaka dengan penjualan unit garbarata di India. Hasilnya, akan mendongkrak laba usaha perseroan. Transaksi itu, bukan merupakan transaksi afiliasi, dan material sesuai POJK nomor 42/POJK.04/2020 dan 17/POJK.04/2020.


”Pendirian Bukaka Three D Private Ltd meningkatkan kredibilitas Bukaka sebagai salah satu produsen Garbarata di pasar Internasional, dan berdampak positif terhadap kelangsungan usaha khususnya bisnis Garbarata,” harap Irsal. (*)