EmitenNews.com - Sejumlah entitas usaha Adaro Energy (ADRO) mengembalikan setoran modal Rp43,3 miliar. Modal itu dikembalikan kepada Adaro International (Singapore) Pte Ltd (AIS). Selanjutnya, AIS mengembalikan saham kepada Maruwai Coal (MC), Lahai Coal (LC), dan Juloi Coal (JC).


Rincian pengurangan modal MC, LC, dan JC sebagai berikut. MC mengurangi modal senilai Rp13,69 miliar. LC mengurangi modal sejumlah Rp21,9 miliar, dan JC mengurangi modal sebesar Rp7,69 miliar. 


Transaksi itu, merupakan strategi internal untuk memperkuat struktur organisasi guna menciptakan unit bisnis makin efisien, dan sesuai lini usaha. Dengan begitu, akan memberikan keleluasaan, dan fleksibilitas bagi grup perseroan untuk memformulasikan strategi bisnis jangka panjang bagi perseroan. 


Dokumen-dokumen sehubungan dengan pelaksanaan transaksi telah dibuat menggunakan syarat, dan ketentuan yang sama apabila dilakukan dengan pihak tidak terafiliasi, sehingga syarat, dan ketentuan atas transaksi tersebut dilakukan secara arm’s length basis. 


Transaksi masuk afiliasi sebagaimana POJK 42/2020 karena ada hubungan afiliasi antara dua perusahaan yang dikendalikan secara mayoritas, baik langsung maupun tidak langsung, oleh pihak sama. Lalu, ada hubungan antara dua perusahaan di mana terdapat satu atau lebih anggota direksi atau dewan komisaris sama. (*)