EmitenNews.com - Autopedia Sukses Lestari (ASLC) menyewa lahan sejumlah Rp266,4 juta. Tanah seluas 8.403 meter persegi (m2) itu disewa dari induk usaha yaitu Adi Sarana Armada (ASSA). Transaksi sewa lahan tersebut telah diteken pada Rabu, 18 Agustus 2023 lalu. 


Lahan seluas itu, tersebar pada dua lokasi. Seluas 3.884 m2 terletak di Jalan Haji Saiman No.14 RT004, RW001, Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Durasi penyewaan tanah sepanjang satu tahun dengan nilai sewa Rp99,9 juta. Biaya sewa tersebut sudah termasuk dengan pajak penghasilan (PPh).


Selanjutnya, seluas 4.519 m2 terletak di Jalan Gatot Subroto No.197, Medan Helvetia, Kelurahan Medan Sunggal, Kecamatan Sei Sikambing B, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Nilai sewa tanah sebesar Rp166,5 juta dengan durasi sewa selama 1 tahun. Biaya sewa tersebut sudah termasuk dengan pajak penghasilan (PPh).


Transaksi itu dilatari Adi Sarana memiliki lahan kosong berupa tanah cukup luas namun, belum digunakan secara maksimal. Saat bersamaan, perseroan membutuhkan lahan tersebut untuk menyelenggarakan kegiatan usaha, agar jaringan cabang operasional di wilayah Jakarta & Medan lebih luas. 


Selain itu, biaya sewa yang dikenakan kepada perseroan sesuai dengan biaya sewa di pasaran. Dengan menyewa lahan kosong milik induk usaha itu, diharap perseroan dapat memperluas jaringan usaha, dan memberi manfaat finansial kepada Adi Sarana berupa pembayaran biaya sewa. (*)