EmitenNews.com - Federasi sepak bola dunia (FIFA) menerima perpindahan status federasi pemain naturalisasi asal Spanyol, Jordi Amat (30), ke Indonesia, PSSI. Dalam surat bernomor Ref FPSD-8300 yang ditandatangani oleh Erika Montemor Ferreira, FIFA Head of Player's Status telah menerima permohonan perpindahan federasi pesepakbola asal Negeri Matador itu.


"Saya senang dan lega dengan pemberitahuan ini. Kini saya akan fokus membela negara saya (Indonesia),’’ kata Jordi Amat seperti dikutip situs PSSI, Rabu (30/11/2022).


Dengan kepastian tersebut, Jordi Amat, pemain yang kini membela klub Liga Super Malaysia, Johor Darul Ta'zim itu, akan lebih fokus membantu Timnas Indonesia dalam merebut Piala AFF 2022.


Dengan demikian, untuk program naturalisasi di Timnas Indonesia atau level senior tinggal menyisakan Shayne Pattynama yang tengah menunggu proses sumpah.


Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan terima kasih atas dukungan Presiden Joko Widodo, Menpora Zainudin Amali, dan pejabat terkait dalam memuluskan perpidahan federasi tersebut.


"Terima kasih juga kepada Mensesneg Pratikno, Menkumham Yasonna Laoly, Ditjen Imigrasi, dan semua pihak yang membantu kelancaran naturalisasi Sandy dan Jordi,’’ tutur Iwan Bule, sapaan karib Ketua PSSI.


Seperti sudah diketahui, sebelumnya FIFA sudah mengesahkan perpindahan status pesepak bola naturalisasi Sandy Walsh (27) dari federasi sepak bola Belanda (KNVB) ke PSSI. Keputusan FIFA itu dituangkan dalam surat resmi bernomor Ref FPSD-8308 yang ditandatangani Kepala Status Pemain FIFA Erika Montemor.


Seperti Jordi Amat, Sandy Walsh juga berhak memperkuat Timnas Indonesia di semua laga atau kompetisi internasional yang diakui FIFA, termasuk Piala AFF 2022. Jordi Amat, dan Sandy Walsh, merupakan pesepak bola keturunan Indonesia dengan posisi bek, yang lama berkarier di Eropa.


Sedangkan Sandy Walsh adalah pesepak bola yang belum pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia. ***