EmitenNews.com - Bahan bakar minyak (BBM) Pertalite menghilang. Sejumlah SPBU Pertamina melaporkan stok BBM RON 90 itu, kosong, setelah adanya  pengurangan stok dalam 2 hari terakhir. Ini terjadi setelah PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Pertamax dari Rp9.000 menjadi Rp12.500. Ada kecurigaan, pasokan Pertalite memang dikurangi, kemudian pelan-pelan hilang dari pasaran, seperti premium yang nyaris tidak lagi ditemui di pasaran. Pertamina jamin pasokan normal.


Dalam keterangannya kepada pers, Rabu (6/4/2022), Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menegaskan Pertamina tidak mengurangi jumlah pasokan BBM ke SPBU, termasuk Pertalite. Ia memastikan, kebijakan Pertamina, tidak ada pengurangan pasokan ke SPBU.


Sejumlah warga mengaku tidak kebagian Pertalite di beberapa SPBU, mengaku tidak dapat Pertalite, apalagi bensin. Rupanya, saat ini pengiriman Pertalite lebih sedikit jika dibanding dengan sebelumnya. Akibatnya, jumlah Pertalite yang datang saat ini lebih cepat habis diborong pengendara.


Sejak Jumat (1/4/2022), Pertamina menaikkan harga Pertamax menjadi Rp12.500 per liter. Meski begitu, harga baru itu disebutkan belum mencapai harga keekonomian yang kini mencapai Rp16.000 per liter. ***