EmitenNews.com - Alokasi belanja negara 2024 harus diserap tepat sasaran, transparan, dan adaptif pada berbagai perubahan situasi. Presiden Joko Widodo meminta agar para pejabat menggunakan anggaran secara disiplin, teliti, dan tepat sasaran. Jangan sampai dikorupsi.

 

Demikian pesan Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam agenda penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024 kepada perwakilan pejabat kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

 

"Saya ingin mengingatkan yang pertama, gunakan anggaran yang telah diberikan itu, sekali lagi secara disiplin, teliti, dan tepat sasaran," kata Presiden Jokowi dalam pidatonya di Istana Negara Jakarta, Rabu (29/11/2023).

 

Di hadapan pejabat kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, Presiden Jokowi mengingatkan tentang potensi krisis dan resesi ekonomi yang dipicu dampak geopolitik global yang semakin memanas serta perubahan iklim yang semakin nyata.

 

Pesan kedua Jokowi adalah transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah yang perlu dikedepankan oleh otoritas berwenang. Ini penting untuk mencegah penyalahgunaan anggaran, berkaitan dengan korupsi.

 

Presiden Jokowi berpesan, agar para aparat pemerintah mengedepankan transparansi dan akuntabilitas. Siapa pun, kata dia, jangan membuka celah sedikit pun untuk korupsi. ***