EmitenNews.com - Subholding Gas PT Pertamina (Persero), PT PGN Tbk siap merealisasikan proyek pengembangan penyimpanan bahan bakar gas alam cair atau liquefied natural gas bunkering (LNG bunkering) pertama di Indonesia.

 

Pencapaian tersebut menunjukkan upaya terobosan infrastruktur gas bumi nonpipa PGN semakin nyata dan menjadi langkah awal bagi PGN sebagai pemain LNG dengan portofolio penjualan LNG.

 

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar dalam keterangan resmi Senin (5/9) menjelaskan lokasi proyek berada di Terminal LNG Bontang, Kalimantan Timur.

 

PGN menyediakan LNG sebagai bahan bakar kapal domestik maupun internasional dengan permintaan sampai dengan 0,7 juta ton per tahun (MTPA) selama 10 tahun.

 

Menurut dia, proyek itu merupakan tindak lanjut dari kerja sama pengembangan LNG di Pertamina Group dan mitra lainnya.

 

PGN telah menyelesaikan kajian front end engineering design (FEED) dan telah menyerahkan kepada PT Badak NGL untuk proses selanjutnya termasuk di antaranya finalisasi aspek komersial, persiapan pengadaan, dan pengurusan perizinan terkait.

 

"Inisiatif ini dapat memperkuat posisi Indonesia di rute maritim internasional dan menjadi peluang baru industri maritim. LNG bunkering di Bontang memiliki keunggulan yang kompetitif karena berada di rute kapal Australia-Asia Timur," kata Achmad.