EmitenNews.com - Pasukan Bima Sakti siap merebut Piala AFF Usia 16 tahun 2022. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membebaskan Pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti menerapkan taktik ke anak-anak asuhnya untuk berlaga dalam Piala AFF U-16 2022. Timnas Indonesia akan berlaga di Piala AFF U-16 2022 mulai Minggu (31/7/2022). Garuda Asia akan menghadapi Filipina pada laga pembuka di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pukul 20.00 WIB.


Saat konferensi pers jelang laga di Hotel The Rich Yogya, Sabtu (30/7/2022), Bima Sakti menyatakan seluruh pemain siap untuk laga melawan Filipina. "Semua pemain dalam kondisi sehat dan siap mengawali turnamen Piala AFF U-16 2022 melawan Filipina. Alhamdulillah tidak ada yang cedera. Semua dalam kondisi fit."


Bima Sakti sadar masih buta kekuatan lawannya kali ini, Filipina. Namun, mantan pemain andalan Indonesia ini menekankan kepada para pemainnya untuk tetap jangan meremehkan siapapun lawan yang dihadapi. Ia mengingatkan kepada para pemain bahwa setiap pertandingan adalah penting dan itu adalah hidup mati kita.


"Fokus di setiap pertandingan, baru fokusnya alihkan ke laga selanjutnya. Saya belum dapat video Filipina. Tetapi, tetap kita mengantisipasi tidak boleh menganggap remeh lawan. Karena di grup A ini semuanya berat, bukan hanya Vietnam. Singapura, Filipina juga harus diwaspadai," kata Bima Sakti.


Bima Sakti mengungkapkan mendapat pesan dari Shin Tae-yong untuk menerapkan taktik yang cocok untuk timnas U-16 Indonesia. Ia mengaku bertemu coach Nova Arianto, yang menyampaikan saran dari Coach Shin Tae-yong, agar memberikan semua taktik yang sudah dilatihkan selama ini.


"Berikanlah yang terbaik, ini adalah kesempatan untuk timnas Indonesia. Untuk masalah taktik, coach Shin Tae-yong pernah bertemu dengan saya di awal dulu. Beliau memberikan kebebasan buat saya untuk menerapkan semua taktik yang selama ini sudah kami latih. Dan semua model diserahkan kepada kami," katanya.


Sebelumnya, timans U-16 Indonesia sudah melakukan 3 laga uji coba selama pemusatan latihan di Yogyakarta. Timnas U-16 Indonesia kalah 0-2 dari Porprov DIY U-20, menang 5-1 atas Porda Sleman U-18, dan mengalahkan Mataram Utama dengan skor 7-0.


Bima Sakti menilai semuanya berjalan lancar, sejak persiapan pemusatan latihan pada 11 Juli 2022, di Yogyakarta. Ia bersyukur mendapat fasilitas TC yang sangat representatif, hotel dekat dengan lapangan, begitu juga tempat ibadah, sehingga memudahkan program pelatih untuk anak-anak didiknya.


"Kami juga sudah melakukan tiga kali uji coba. Pertama mereka kalah. Namun saya senang anak-anak bisa bangkit di uji coba kedua dan ketiga dengan memberikan kemenangan,” katanya.


Timnas Indonesia U-16 akan mentas di Piala AFF U-16 2022 yang akan berlangsung di Yogyakarta, pada 31 Juli hingga 12 Agustus 2022. Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup A bersama Vietnam, Singapura, dan Filipina. ***