EmitenNews.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tampil lebih santai, dan tenang saat berpidato sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) berpasangn dengan capres Prabowo Subianto. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu, berpidato di hadapan Prabowo Subianto, jajaran ketua umum partai politik anggota KIM dan pendukung, serta simpatisan Koalisi Indonesia Maju, sesaat sebelum mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (25/10/2023). 

 

Sambil tersenyum, setelah mengucap salam, mengawali sambutan resminya sebagai cawapres KIM, Gibran meminta Prabowo tenang setelah kehadirannya. Entah hadir dalam deklarasi resmi sebagai pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2024, atau karena telah hadir di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu pagi.

 

“Tenang saja, Pak Prabowo. Tenang saja, Pak, saya sudah ada di sini,” kata Gibran Rakabuming Raka yang disambut tawa riuh dari hadirin.

 

Menanggapi sorak sorai para pendukung, dan pimpinan parpol pendukung Koalisi Indonesia Maju, Gibran tampak tersenyum semringah, sambil mengedarkan pandangannya ke segala penjuru, seolah menyapa para pendukungnya.

 

Setelah itu, Gibran yang memakai baju biru, dengan lengan panjang digulung sampai di bawah siku, senada dengan baju Prabowo, mengungkapkan, betapa pembangunan yang ada saat ini sudah baik, tinggal disempurnakan.

 

Menurut Gibran, j ika terpilih sebagai pemimpin Indonesia ke depan, bersama Prabowo Subianto, mereka akan melanjutkan dan menyempurnakan program-program yang ada sekarang. Meski begitu, untuk hasil yang lebih baik, Gibran pun membeberkan  sejumlah program yang akan dijalankannya jika memenangkan Pilpres 2024.

 

Sejumlah program yang ditunjukkannya dalam tulisan di atas alat peraga, di antaranya dana abadi pesantren, kredit start-up milenial, Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk lansia, dan kartu anak sehat untuk pencegahan stunting. 

 

“Tidak lupa hilirisasi untuk komoditas pertambangan, pertanian, dan perikanan, ini wajib. Dan juga ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan,” ujarnya. 

 

Saat menunjukkan program kartu anak sehat untuk pencegahan stunting, secara khusus Gibran meminta sang istri untuk menunjukkan alat peraga, seperti gadis pembawa penunjuk ronde di atas ring tinju.