EmitenNews.com - Tidak perlu menunggu lama, rapat para pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju, secara resmi mengumumkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan capres-cawapres 2024-2029. Didampingi para petinggi parpol pendukung Prabowo mengumumkan kesepakatan itu.

 

"Kita telah berembuk secara final secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai presiden KIM, untuk 2024-2029, dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari KIM," kata Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai rapat di kediaman Jalan Kertanegara, Jakarta, Minggu (22/10/2023) malam.

 

Minggu malam para pemimpin parpol pendukung yang terdiri atas masing-masing ketua umum, dan sekretaris jenderal. Di antaranya, Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, Gelora, PBB dan lainnya.

 

"Saya kira ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25 Oktober 2024, Rabu kita akan daftar ke KPU," ujar Prabowo Subianto yang juga menteri pertahanan Kabinet Indonesia Maju.

 

Selain Prabowo Subianto, hadir dalam pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, dan Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta. Mereka didampingi para sekretaris jenderal dan pengurus teras masing-masing partai.

 

Tetapi, Gibran Rakabuming Raka tak hadir dalam pertemuan tersebut. Padahal, seperti kata Prabowo di Surabaya, Jawa Timur, putra sulung Presiden Joko Widodo diundang dalam rapat penting tersebut.

 

Kabar pengumuman Gibran sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto itu, maju dari semula rencana akan diumumkan usai Rapimnas Partai Gerindra, Senin (23/10/2023) besok. Ternyata, Minggu malam ini, para ketua umum koalisi Prabowo telah menyepakati nama Gibran sebagai cawapres Prabowo di Pilpres 2024.

 

Prabowo Subianto yang mengaku sudah mendapat izin Presiden Joko Widodo untuk menggandeng Gibran Rakabuming Raka maju dalam Pilpres 2024, juga mengungkapkan pengumuman resmi cawapres Gibran itu, akan dideklarasikan di Jakarta, Senin (23/10/2023).

 

Di Surabaya, Jawa Timur, Minggu, Prabowo mengungkapkan sudah mengantongi izin Presiden Jokowi soal keputusan menggandeng Gibran maju dalam Pilpres 2024. Bagi Jokowi, keputusan ada di tangan Gibran. Ia mengatakan, kalau Gibran misalnya, menolak, ia tidak akan memaksakan. ***