EmitenNews.com -Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo bersama PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengunjungi PT Astra Internasional Tbk (ASII) untuk membangun kolaborasi bersama membangun ekosistem EV di Jabodetabek.

 

Heru mengatakan, Pemprov DKI Jakarta menyadari pentingnya sinergi pemerintah dengan swasta dalam menyukseskan berbagai inisiatif percepatan ekosistem kendaraan listrik. Pemerintah terus mendorong pengembangan infrastruktur kendaraan listrik serta meningkatkan penggunaan kendaraan listrik.

 

"Kami mendukung upaya dari perusahaan swasta untuk menambah armada kendaraan listriknya. Hal ini in line dengan inisiatif kerja sama yang dijalin PLN dengan pemerintah daerah guna menambah fasilitas  charging station ," kata Heru dalam keterangan tertulis, Kamis (31/8).

 

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan sesuai arahan pemerintah, PLN telah mengambil langkah agresif melalui berbagai stimulus dan penyediaan infrastruktur kendaraan listrik yang andal dan terjangkau bagi seluruh masyarakat.

 

"Indonesia telah mengambil peran  leadership  dalam mengatasi perubahan iklim, khususnya untuk menekan emisi karbon. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kita mengejar tahun 2024 Jakarta dapat menggunakan kendaraan listrik," ujar Darmawan.

 

Guna mencapai target tersebut, PLN telah menjalin kerja sama dengan Astra untuk penyediaan  home charging  kendaraan listrik. Upaya ini diharapkan bisa meyakinkan masyarakat beralih dari kendaraan BBM ke listrik sehingga menghasilkan gap penurunan emisi secara signifikan.

 

"PLN sudah menyiapkan petugas untuk melayani kebutuhan tambah daya dan pemasangan  home charging . Kami optimistis langkah ini akan semakin efektif mengurangi emisi seiring bergabungnya berbagai produsen-produsen kendaraan dalam ekosistem besar ini," tambah Darmawan.

 

Astra mendukung penuh upaya pemerintah membangun ekosistem kendaraan listrik sebagai salah satu langkah utama pengurangan polusi. Inisiatif ini telah dimulai oleh Astra dengan menyediakan kendaraan rendah emisi tipe hybrid.