EmitenNews.com - Potensi besar energi baru terbarukan di Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal dioptimalkan. Pemerintah Inggris menjajaki kerja sama energi baru terbarukan dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kerja sama dijalin mengingat potensi yang besar dalam bidang itu.

 

Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Matthew Downing mengatakan pertemuannya dengan Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Wagub NTB, Sitti Rohmi Djalilah untuk mendistribusikan sejumlah peluang kerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTB. Salah satunya energi baru terbarukan.

 

"Kami bertemu Gubernur dan Ibu Wakil Gubernur, untuk mendiskusikan sektor-sektor kerja sama yang tengah kami lakukan, juga sektor-sektor lain yang berpotensi untuk di kolaborasi-kan termasuk sektor lingkungan dan rencana NTB untuk bertransisi ke bebas emisi (net zero) energi baru terbarukan," kata Matthew Downing usai bertemu Gubernur dan Wakil Gubernur NTB di Mataram, Rabu (8/2/2023).

 

Selain energi baru terbarukan, Pemerintah Inggris juga mendiskusikan sektor potensial seperti pendidikan. Di mana Pemerintah Inggris memiliki program beasiswa Chevening khusus untuk studi S2. Penerima beasiswa Chevening bisa mendapatkan pendidikan gratis di semua bidang atau jurusan yang diambil.

 

"Kami sangat tertarik mendengar kerja sama yang tengah dilakukan antara NTB dengan Universitas Nottingham," ujarnya. ***