EmitenNews.com - Kuantum Akselerasi Indonesia mengurangi kepemilikan saham VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR). Itu ditunjukkan dengan melego 435 juta eksemplar. Aksi penjualan terjadi pada harga Rp115 per lembar. 


Pelaksanaan transaksi telah dituntaskan pada Senin, 10 Juli 2023. Nah, dengan skema harga tersebut, Kuantum menggulung dana taktis senilai Rp50 miliar. ”Tujuan transaksi Kuantum kami tidak mengetahui,” tulis Achmad Syarif Kadir, IR, dan Corporate Secretary VKTR Teknologi Mobilitas. 


Dengan perampungan transaksi itu, tabungan saham Kuantum mengalami penyusutan sekitar 1 persen. Tepatnya, tersisa 4,99 miliar eksemplar alias setara dengan porsi kepemilikan 11,4 persen. Berkurang dari sebelum transaksi dengan donasi sekitar 5,42 miliar helai alias 12,4 persen. 


Sekadar informasi, perusahaan perakit kendaraan listrik Bakrie Group itu, listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, 19 Juni 2023 dengan harga perdana Rp100 per lembar. Melepas 8,75 miliar lembar, anak usaha Bakrie & Brothers tersebut meraup dana initial public offering (IPO) sekitar Rp875 miliar. (*)