EmitenNews.com - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idBBB+ MNC Kapital Indonesia (BCAP), dan obligasi perusahaan masih beredar. Prospek atas peringkat perusahaan tersebut stabil. 


Peringkat itu, mencerminkan profil kredit anak usaha utama yang moderat, dan struktur permodalan konservatif. Namun, peringkat dibatasi pendapatan berulang perusahaan rendah, dan volatilitas di pasar modal, dan investasi. Peringkat dapat dinaikkan kalau profil bisnis terus menguat signifikan melalui sinergi ekosistem digital dengan MNC Group secara berkelanjutan.


Sebaliknya, peringkat dapat diturunkan kalau arus arus kas melemah secara signifikan akibat profil kredit anak usaha utama memburuk. MNC Kapital, perusahaan induk investasi dengan sembilan anak usaha inti bergerak bidang perbankan, sekuritas, manajemen investasi, pembiayaan konsumen, pembiayaan sewa guna usaha, asuransi jiwa, asuransi umum, dan perusahaan financial technology. 


Di akhir Juni 2023, 49,81 persen saham perusahaan dimiliki MNC Asia Holding (BHIT), Jalan Pantai Limited 9,15 persen, UOB Kay Hian Hong Kong Ltd 6,53 persen, HT Investment Development Ltd 8,70 persen, perorangan terdiri dari anggota manajemen 0,15 persen, dan masyarakat 25,66 persen dengan masing-masing kepemilikan di bawah 5 persen. 


MNC Asia Holding, adalah perusahaan induk dimiliki oleh Hary Tanoesoedibjo dengan fokus usaha pada segmen media, entertainment hospitality, jasa keuangan, dan investasi. (*)