EmitenNews.com - PEFINDO menetapkan peringkat "idAA+" untuk PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap). Prospek terhadap peringkat Perusahaan adalah "stabil".


Obligor dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan, dan memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya dibandingkan terhadap obligor Indonesia lainnya. Tanda tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan.


Peringkat yang diberikan mencerminkan kemungkinan dukungan yang sangat kuat dari induk perusahaan, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri atau Induk), kualitas aset yang sangat kuat, dan permodalan yang kuat. Peringkat tersebut dibatasi oleh pendanaan ritel yang kurang berkembang dan persaingan yang ketat di segmen kredit non-pensiunan.


Peringkat dapat dinaikkan jika terdapat peningkatan tingkat dukungan induk yang material dari Bank Mandiri, yang dapat dipicu oleh kontribusi pendapatan Bank Mantap kepada Induk yang meningkat secara signifikan. Peringkat dapat diturunkan jika terdapat bukti penurunan tingkat kepentingan Bank Mantap di mata Bank Mandiri, yang dapat disebabkan oleh pelemahan profil bisnis, tingkat pengendalian dari Induk yang jauh menurun, atau perubahan strategi bisnis dari Bank Mandiri.


Kami menilai dampak pandemi terhadap profil kredit Bank Mantap secara keseluruhan tetap terkendali, didukung oleh produk kredit pensiunan yang menyumbang 90%-95% dari total portofolio kredit Bank Mantap. Kualitas kredit pensiunan tidak terlalu terpengaruh oleh pandemi karena skema pembayaran angsuran kredit yang langsung dipotong dari rekening pensiunan.


Segmen ini mendukung pendapatan dan arus kas Bank di tengah pandemi dan dapat menjadi bantalan terhadap potensi penurunan kualitas aset di segmen kredit produktif, terutama di sektor-sektor yang sangat terpengaruh oleh pandemi.


Didirikan pada tahun 1970, Bank Mantap adalah bank umum yang fokus pada segmen pensiunan. Per 30 Juni 2021, pemegang saham Bank Mantap adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (51,1%), PT Taspen (Persero) (Taspen, 48,4%), dan IB Made Putra Jandhana (0,5%). Bank Mantap beroperasi melalui 41 kantor cabang, 77 kantor cabang pembantu, 46 kantor fungsional, 107 kantor kas, dan 2.732 karyawan pada periode yang sama.